Iklan

Cara MengHemat RAM Hp Android Tanpa Aplikasi

04/10/2020, 21:09 WIB Last Updated 2020-10-04T14:09:23Z

 

Cara hemat RAM hp android

Random access memory atau yang sering kita sebut RAM adalah salah satu komponen pada smartphone yang kita miliki. RAM memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan sementara, masih bingung? Lihat penjelasan ini: misal suatu smartphone memiliki kapasitas RAM sebesar 4 GB dan smartphone tersebut kamu pakai untuk membuka aplikasi game sebut saja PUBG mobile. Aplikasi tersebut menggunakan RAM sebesar 1,5 GB yang berarti sisa RAM pada hp kamu tinggal 2,5 GB. Setelah aplikasi PUBG tersebut kamu keluarkan maka kapasitas ram kamu akan kembali menjadi 4 GB.

Nah jika seandainya kamu membuka lebih dari satu aplikasi dalam waktu bersamaan atau malah bahkan lebih, maka hp kamu akan menjadi lemot karena RAM kamu telah penuh, sehingga smartphone tidak bisa menampung data sementara untuk melakukan proses.

Berikut adalah Cara menghemat RAM android untuk membercepat kinerja hp dengan RAM 1 GB

1. Jangan Membuka Aplikasi Terlalu Banyak Secara Bersamaan


Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika kamu membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, maka hp kamu akan menjadi lemot karena RAM penuh. Oleh karena itu bijaklan dalam penggunaanya, bukalah aplikasi secara bergantian saja. Mungkin ini tidak berlaku jika hp kamu memipiki RAM yang besar, namun jika smartphone yang kamu hanya memiliki RAM 1 GB itu akan jadi masalah.

Agar RAM di hp mu stabil untuk main game misalnya, kamu bisa menutup aplikasi yang sedang berjalan. Cara menutup aplikasi yang sedang berjalan juga sangat mudah kamu cukup menekan tombol recent app dan kemudian keluarkan dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri.

Baca Juga:

2. Menggunakan Browser


Cara hemat RAM yang kedua yaitu jalankan fitur yang bisa diakses menggunakan browser. Untuk hal ini kalian dapat menghemat RAM secara signifikan karena kalian tidak memerlukan aplikasi. Misalnya kamu punya akun facebook, maka jika ingin membuka facebook kamu tidak perlu memasang aplikasi facebook, namun cukup gunakan briwser seperti chrome atau browser yang lainya.

Banyak sekali layanan sosmed yang sebenarnya dapat kaluan pakai tanpa menggunakan aplikasi seperti instagram, facebook, twitter, dan masih banyak lagi yang lainya. Mungkin tampilan nya akan kurang menarik jika diakses menggunakan browser, namu performa hp mu akan menjadi cepat larena RAM pada perangkat selalu lega.

3. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan Hp


Perlu kalian tahu, aplikasi bawaan smartphone biasanya selalu berjalan di latar belakang saat hp mulai dinyalakan. Aplikasi bawaan tersebut biasanya seperti gmail, google photos, email, drive, hangout dan masih banyak aplikasi bawaan yang mungkin tidak kalian perlukan. 

Silahkan nonaktifkan saja aplikasi tersebut karena itu hanya akan menambah beban kinerja smartphone. Untuk menonaktifkan aplikasi bawaan hp, kalian buka pengaturan aplikasi dan pilihlah satu persatu aplikasi mana yang ingin di nonaktifkan.

4. Tidak Usah Memasang Aplikasi Anti virus


Anti virus memang aplikasi penting jika aktifitas kalian menggunakan fitur fitur perbankan seperti transaksi online, mobile banking dan lainya. Namun jika kalian hanya menggunakan hp untuk bermain, hindarilah memasang anti virus karena aplikasi tersebut banyak memakan ram dan selalu berjalan pada background.

Perlu kaluan pahami, sistem operasi android merupakan sistem yang aman selagi kalian hanya mendownload aplikasi hanya pada google play store. Dan perlu kalian ingat jika smartphone yang kalian miliki tidak memasang anti virus, maka jangan download aplikasi diluar play store.

5. Jangan Gunakan Widget Terlalu Banyak


Widget pada layar depan memang indah dan mempermudah kita dalam melakukan aksi pada smartphone. Namun, widget tersebut sudah jelas akan memakan RAM yang tidak sedikit bhkn bisa memperlambat kinerja sistem. Jadi alangkah baiknya hanya gunakan widget yang sekiranya kamu perlukan saja.

Demikian artikel kali ini tentang cara hemat RAM hp 1 GB. Dan semoga kalian dapat lebih mengerti dan lebih bijak dalam menggunakan smartphone.
Komentar

Tampilkan

Terkini