• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Mempercepat Hp Android Jadul Yang Lemot Agar Tetap Optimal

    The Cadaz
    20/02/2020, 14:10 WIB Last Updated 2020-08-09T14:13:27Z
    skrip iklan
    skrip iklan disini
    Cara mempercepat hp android jadul yang lemot

    Smatphone android merupakan perangkat yang diciptakan untuk beroperasi dengan cepat dan mudah digunakan oleh penggunanya. Akan tetapi beberapa pengguna android seri lawas ataupun ponsel yang sudah cukup berumur banyak yang mengeluhkan bahwa perangkatnya lemot atau lambat dalam digunakan. Namun sebenarna masalah tersebut dapat kita atasi dengan beberapa cara agar hp tua tersebut tetap memiliki kinerja yang optimal.

    Beberapa cara mempercepat hp android jadul agar kinerjanya cepat adalah sebagai berikut

    1. Jangan Update Aplikasi

    Yang pertama agar hp android jadul kamu tetap optimal yaitu jangan update aplikasi saat pembaruan di google play store tersedia. Perlu kamu tahu, aplikasi yang terbaru memang bagus dari segi kesempurnaan, namun aplikasi yang terbaru dalam mengkonsumsi sumber daya RAM dan memory akan lebih tinggi. Oleh sebab itu, ponsel jadul yang memiliki kapasitas RAM dan memori internal pas pasan akan menjadi lemot karena pengaruh aplikasi baru tersebut.

    Jadi jika hp android yang kamu gunakan merupakan versi lawas atau hp jadul, pertimbangkan dalam mengupdate suatu aplikasi. Perbarui aplikasi yang hanya menurut kamu sangat penting saja semisal whatsapp. Itu semua demi menjaga performa agar hp jadul kamu tetap stabil dan cepat saat digunakan.

    2. Hanya Download Aplikasi Versi Lite

    Aplikasi versi lite adalah sebuah aplikasi yang dibuat khusus untuk perangkat dengan spesifikasi pas pasan termasuk ponsel jadul. Walaupun ada kekurangan pada aplikasi ini, namun pada aplikasi versi lite akan lebih efisien digunakan pada ponsel yang RAM nya cuma 1 GB saja. Sehingga ponsel kamu yang jadul ataupun mempunyai spek yang minim akan dapat bekerja lebih efisien.

    Contoh aplikasi diatas adalah facebook lite, Line lite, Camera 360 lite, Firefox lite, messenger lite, spotify lite dan masih banyak lagi. Jadi jika pada smartphone jadul kamu sudah terlanjur memasang aplikasi yang standart, segeralah hapus untuk kemudian ganti menggunakan yang versi lite agar kinerja hp tidak lemot

    3. Jangan Biarkan Memori Internal Penuh

    Memori yang hampir penuh atau bahkan memang benar benar penuh merupakan salah satu penyebab gadget menjadi lemot apalagi hp jadul. Jadi kamu harus memperhatikan hal ini setiap saat dan lakukan cara bagaimana supaya memori internal pada hp kamu tidak sesak.

    Untuk rekomendasinya, silakan kamu pindah semua data baik itu foto, video, musik ataupun aplikasi  kedalam kartu memori. Usahakan memori internal pada hp kamu tersisa minimal 1 Gb agar ponsel bisa beroperasi dengan bebas.

    Baca Juga: Cara Atasi Memori Penuh Pada Android Tanpa Hapus Data Penting

    4. Selalu Restart Atau Muat Ulang Perangkat

    Perangkat yang selalu menyala tanpa istirahat akan membuat kinerjanya turun drastis karena banyak kesalahan siatem yang terjadi pada saat hp tersebut digunakan. Jadi kamu wajib melakukan restart perangkat kamu minimal sekali dalam sehari. Dengan melakukan restart, maka perangkat akan memuat ulang seluruh sistem sehingga semua aplikasi akan bekerja secara normal kembali

    Lalu, bagaimana cara melakukan restart dan apa itu restart? Restart adalah pemuatan ulang suatu perangkat beserta semua sistem pada OS didalamnya. Cara melakukan restart yaitu matikan hp kamu tunggu sekitar 1 menit lalu hidupkan kembali. Atau kamu juga bisa melakukan restart dengan cara tekan dan tahan tombol power, setelah muncul menu, silakan kamu pilih muat ulang atau rebot.

    5. Rawatlah Hp Android Kamu Secara berkala

    Berhubung perangkat kamu mungkin perangkat jadul, maka kamu harus ekstra dalam segi perawatan. Dengan melakukan perawatan setiap waktu maka hp kamu akan selalu optimal dan efisien pada saat digunakan. Kamu juga bisa membaca Cara Lengkap Merawat Hp Android Agar Awet supaya kamu lebih paham dalam penanganan nya.

    Itulah beberapa cara mempercepat hp android jadul kamu agar tidak lemot saat digunakan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini