• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Bedakan Hp Samsung Asli Dan Palsu Mudah Banget

    The Cadaz
    01/09/2020, 11:09 WIB Last Updated 2020-09-06T05:33:55Z
    skrip iklan
    skrip iklan disini
    Source: pixabay.com

    Samsung merupakan sebuah vendor smartphone yang mendominasi pasar global pada masa sekarang ini. Dominasi ini dikarenakan produk-produk yang dihasilkan oleh samsung mempunyai nilai serta kualitas yang sangat baik. Oleh karena itu, banyak sekali para pecinta smartphone yang berambisi untuk membeli produk smartphone samsung ini baik dalam kondisi baru maupun second.

    Namun, kendala yang terjadi adalah banyaknya produk samsung replika yang beredar di pasaran. Sehingga orang yang mau membeli produk ini dengan kondisi bekas akan merasa khawatir apakah barang yang di belinya produk samsung original atau palsu. Pada artikel ini, Giga Tekno akan memberikan tips agar kamu terhindar dari hp samsung KW yang beredar di pasaran.

    Cara Mudah Membedakan Samsung Original Dan Samsung Replika


    Untuk membedakan Hp samsung asli dan palsu sebenarnya sangat mudah, hanya saja bagi pengguna yang belum pernah sama sekali menggunakan brand dari samsung ini akan merasa sedikit kesulitan untuk membedakanya. Untuk itu, silahkan kamu simak apa saja perbedaan samsung palsu dan asli pada artikel di bawah ini.

    Metode pembedaan dalam artikel ini ada dua cara yaitu membedakan saat kamu melakukan pembelian baru dan metode jika kamu membeli hp samsung bekas.

    A. Membedakan Pada Saat Beli Hp Dalam Kondisi Baru


    Jika kita hendak membeli hp samsung dalam kondisi baru, tentu kita tidak akan bisa check ini dan itu seperti pada kebanyakan tutorial yang ada. Itu karena jika kita beli hp baru, pastilah kita tidak bisa melihat fisik hp tersebut karena barangnya masih ada di dalam dus box yang tersegel.

    Apabila kita ingin melihat fisik hp nya, itu berarti kita harus membuka segel dus tersebut yang dengan kata lain kita harus deal membelinya. Kali ini memang agak susah untuk membedakan nya, karena kita tidak bisa check dari fisik hp tersebut.

    Pada kesempatan kali ini, The cadaz akan memberikan sedikit tips dan trik untuk check hp samsung palsu atau asli jika kita mau membelinya dalam kondisi baru atau buka segel.

    Baca Juga: Mengatasi Kamera Gagal Pada Android Dan Solusi Penanganan nya

    1. Lihat Fisik Box


    Pada dasarnya, box pada hp samsung yang asli bahanya lebih tebal dan terbungkus rapi dengan plastik. finishing nya pun lebih rapi jika kita amati. Anda bisa cari gambar dus box samsung pada google, Usahakan anda cari gambar yang menampakan beberapa sudut dari box tersebut, lalu coba anda samakan warna, tulisan dan yang lainya dengan dus box di hp yang hendak anda beli.

    Jika ragu, silahkan anda pinjam dulu dus box samsung punya teman dan samakan di dus hp yang hendak anda beli.

    2. Lihat Segel Pada Dus Box


    Pada smartphone samsung yang ada di indonesia, maka segel yang terdapat pada dus box nya berlabel SEIN atau biasanya berlabel samsung. Jika segel dus tersebut berlabel selain itu, bisa dipastikan hp yang akan anda beli tidak original.

    Saran saya jangan percaya jika penjual mengatakan itu hp luar negri, itu dikarenakan tidak ada hp hp luar negeri yang dipasarkan di indonesia

    3. Periksa Nomor Imei Pada Website Khusus


    Cara ketiga silahkan anda lihat nomor imei yang terdapat pada box hp tersebut. Kemudian anda catat dan masukan nomor seri imei tersebut ke situs khusus identifikasi sebuah imei ponsel. Saran saya kunjungi situs ‘www.imei.info‘.

    Pada situs tersebut anda bisa melihat detail informasi imei yang telah anda masukan tadi. Jika setelah dicek hasil di situs tersebut menunjukan brand samsung tertera pada imei tersebut, berarti hp yang akan anda beli adalah original. Namun jika keterangan nya adalah tidak diketahui atau unknown, urungkan niat anda untuk membeli di tempat tersebut.

    4. Lihat Bahasa Pada Dus Box


    Kemudian yang wajib anda teliti adalah bahasa pada dus box itu sendiri, di negara kita hp samsung asli menggunakan bahasa indonesia pada dus box nya, walaupun kadang terdapat beberapa bahasa inggris. Namun, Jika dus itu ditulis dalam bahasa inggris keseluruhan, anda wajib curiga, karena sekali lagi, hp keluaran luar negeri tidak dijual di indonesia.

    Baca Juga:



    5. Harga


    Yang terakhir adalah harga. Coba anda bandingkan harga hp di tempat lain atau di situs resmi samsung indonesia. Jika hp yang akan anda beli harganya lebih murah bahkan sangatlah miring dari harga standartnya, maka anda jangan malah gembira dan justru anda berhak meragukan keaslianya. Walau bagaimanapun, harga tetap membawa rupa.

    Anda jangan tergiur tentang penawaran hp murah yang mengatas namakan hp batam, hp slundupan atau yang lainya. Silakan anda logika saja, misal hp samsung galaxy s10 harganya 3 juta, jika dilogika, mengapa penjualnya tidak menjualnya di konter dengan alasan hp second saja? Sedangkan sekelas samsung s10 second harganya bisa 5 juta jika dijual.

    Untuk lebih amanya lagi, belilah pada outlet resmi samsung, walaupun harganya sedikit lebih mahal, namun kualitas dan keaslianya dijamin 100%. Dengan begitu, anda akan puas dan lebih tenang dengan beredarnya perangkat-perangkat samsung palsu yang berkeliaran di pasaran.

    B. Membedakan Saat Membeli Hp Dalam Kondisi Bekas


    Nah, jika diatas telah kita bicarakan untuk membedakan smartphone palsu saat membeli baru, selanjutnya kita ulas saat membelinya dalam kondisi bekas, dan diantaranua yaitu:

    1. Membedakan Dari segi Layar Atau LCD


    Yang pertama kamu harus cek saat hendak membedakan samsung ori dan KW adalah layar dari perangkat tersebut. Smartphone keluaran dari samsung original menggunakan panel layar super amoled yang warna nya lebih cemerlang saat digunakan. Sedangkan untuk samsung KW pasti menggunakan layar jenis IPS yang harga nya lebih murah. Sebenarnya bagi yang terbiasa menggunakan smartphone merk samsung akan dengan mudah bisa membedakan tipe layar ini.

    Untuk membedakan jenis layar ini silahkan kamu lakukan seperti dibawah ini

    • Carilah gambar warna hitam di google, setelah menemukan warna tersebut sekarang kamu zoom atau perbesar tampipan nya hingga penuh. Coba amati, jika layar super amoled, maka layar hp akan seperti mati. Namun jika layar tersebut adalah jenis IPS, maka layarnya masih kelihatan seperti hidup atau yang tampil warna seperti abu-abu.
    • Cara kedua, coba deh kamu pinjam hp teman kamu yang merk samsung. Dengan ini kamu akan lebih mudah membedakan warna layarnya, coba kamu tampilkan warna merah atau hitam pada kedua hp tersebut. Pasti akan sangat beda dalam menampilkan warna nya jika salah satu nya tidak ori.
    • Kemudian cara selanjutnya, kamu bisa melihat jenis layar tersebut dengan aplikasi cpu-z. Kamu bisa mengunduhnya di play store terlebih dahulu. Dengan aplikasi ini, coba cek jenis LCD nya, jika tertera super amoled, berarti hp samsung tersebut original.


    2. Melihat Dari Segi Kamera


    Untuk melakukan cek pada kamera guna membedakan samsung ori atau KW, terlebih dahulu kamu cari informasi spek dari seri hp samsung yang hendak kamu beli. Kamu bisa mencarinya di google, dan jika kamu sudah menemukan nya, coba kamu lihat di keterangan resolusi dari kamera tersebut. Setelah kamu mengetahuinya, coba kamu buka kamera hp samsung yang hendak kamu beli dan lihat resolusi pada kamera tersebut. Jika resolusinya lebih rendah dari spek yang di temukan di google, itu berarti jelas hp tersebut adalah KW.

    Selain dari resolusi, kamu juga bisa membedakan nya dari aplikasi kamera yang digunakan. Perlu kamu ketahui, hp samsung yang asli memiliki aplikasi kamera dengan banyak fitur dan mode. Sementara pada hp samsung yang palsu, aplikasi kamera di desain dengan tampilan sangat sederhana dan minim fitur. Dari situ kamu bisa mengetahui ciri ciri samsung palsu.

    3. Melihat Dari Segi Software Atau Perangkat Lunak


    Isi dari software antara samsung original dan KW sangatlah berbeda jauh baik itu dilihat melalui OS nya ataupun aplikasi bawa’an dari hp tersebut. User interface atau tampilan keduanya pun akan sangat jauh perbeda’an nya. Untuk cara pengecekan nya, kamu bisa melihat versi android yang digunakan pada hp tersebut. Biasa nya, ciri ciri samsung palsu menggunakan android dengan versi yang lebih rendah. Kamu bisa melakukan cek versi android di pengaturan telepon.

    Kamu juga bisa melihat pada aplikasi apa saja yang ter install pada hp tersebut. Biasa nya, hp samsung yang original disertai aplikasi bawa’an dari samsung seperti galaxy store, samsung internet browser, samsung gift indonesia dan aplikasi lainya. Jika hp yang hendak kamu beli tidak disertai aplikasi tersebut, maka itu menandakan ciri ciri samsung palsu.

    4. Melihat Dari Segi Hardware Atau Perangkat Keras


    Untuk membedakan komponen atau yang sering disebut hardware Hp samsung palsu dan asli sangatlah mudah. Kamu bisa melakukan seperti poin di nomor dua duatas. Pertama kamu carilah info di google tentang hardware dari seri hp samsung yang akan kamu beli. Silakan kamu baca pada keterangan hardware nya mulai dari procesor, RAM, memori internal, dan komponen lainya.

    Selanjutnya, kamu bisa mendownload aplikasi pemeriksa hardware di play store. Banyak sekali aplikasi sejenis yang bisa kamu pilih disana, namun yang paling di rekomendasikan adalah cpu-z. Setelah kamu mendownload nya, silakan kamu buka aplikasi tersebut dan lihat keterangan hardware nya. Apakah sama pada keterangan info yang telah kamu dapatkan diatas? Jika ada perbeda’an, sebaik nya kamu urung kan untuk membeli hp tersebut.

    5. Mengamati Dari Segi Fisik


    Barang yang original pastilah mempunyai material yang berkualitas dan kokoh, oleh karena itu kamu bisa membedakan antara samsung yang ori atau kw di bagian bodi. Coba kamu amati dengan teliti, apakah bahan material dari hp itu berkualitas? Biasanya hp samsung palsu mempunyai finishing yang sangat buruk di seluruh bagian bodi nya.

    Sebaliknya hp samsung original finisingnya terkesan sangat rapi dan halus. Untuk lebih meyakinkan, coba kamu pinjam hp samsung teman kamu dan bedakan kedua nya dengan teliti. Jika terjadi perbedaan kualitas bodi nya, berarti kamu wajib curiga tentang keaslian hp tersebut.

    Cukup sekian tips yang saya berikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan serta pengalaman. Mohon maaf jika banyak kekurangan. Jika berkenan, anda bisa membagikan artikel ini pada sosial media yang anda punya. Agar orang lain juga tahu apa yang telah anda ketahui.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini