• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Mengatasi Kamera Gagal Pada Android Dan Solusi Penanganan nya

    The Cadaz
    25/04/2020, 11:59 WIB Last Updated 2020-04-25T04:59:32Z
    Cara perbaiki kamera gagal pada android

    Kamera pada smartphone merupakan salah satu bagian yang penting dan harus ada pada gadget jaman sekarang. Namun, kadang kala timbul suatu masalah pada bagian tersebut saat kita hendak menggunakan nya. Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu kita tidak bisa menggunakan kamera dengan keterangan Kamera gagal

    Untuk permasalahan seperti ini sebenarnya banyak sekali penyebabnya, di mulai dari OS yang erorr, aplikasi yang eror bahkan terkadang komponen lensa kamera itu sendiri yang memang sudah rusak. Di sini kita akan mencoba menjelaskan solusi dan cara mengatasi hal tersebut agar permasalahan yang sedang anda alami bisa terselesaikan.

    Cara Perbaiki Kamera Erorr Di Hp Android

    jika anda salah satu yang sedang mengalami permasalahan kamera tidak bisa di buka, mungkin ada beberapa hal yang harus di cermati dan anda bisa mencoba mengikuti tips dibawah ini.

    1. Software Atau Aplikasi kamera erorr

    Terkadang aplikasi kamera yang ada pada smartphone kita bisa saja erorr seiring dengan pemakaian kita sehari-hari. Karena aplikasi erorr, tentu saja ini akan membuat kamera kita tidak bisa di buka atau di aktifkan. Untuk memeriksa nya anda bisa terlebih dahulu mendownload aplikasi kamera apa saja pada play store, entah itu camera 360, selfie camera dan lain sebagainya.

    Jika anda sudah mendownload aplikasi kamera seperti di atas, coba buka aplikasi tersebut dan cobalah untuk mengambil gambar, apakah kamera dapat berfungsi dengan baik pada aplikasi tersebut? Jika kamera tersebut berfungsi, itu berarti aplikasi kamera bawaan dari smartphone lah yang erorr.

    Solusinya, silakan hapus data pada aplikasi kamera bawaan dari smartphone tersebut. Untuk melakukan nya, anda ikuti cara di bawah ini.
    • masuk pada pengaturan smartphone
    • Kemudian pilih pada menu aplikasi
    • Setelah itu, cari dan buka pada aplikasi kamera
    • Dan yang terakhir, silakan pilih hapus data.

    2. Hardware Atau Lensa Kamera Rusak

    Untuk sumber permasalahan yang kedua, kamera gagal tidak bisa di buka bisa juga disebabkan karena lensa pada kamera sudah rusak. Untuk cara pengecekan nya, cobalah untuk menghidupkan atau membuka kamera depan pada smartphone. Jika memang kamera depan dapat berfungsi dengan baik, kemungkinan memang lensa kamera belakang telah rusak atau OS android mengalami erorr. Namun jika kamera depan maupun belakang tidak bisa berfungsi, itu berarti IC pada hardware kamera lah yang memang sudah rusak.

    Untuk solusinya, jika memang pada kamera belakang saja yang tidak bisa dibuka dan kamera depan masih normal, anda bisa mencoba melakukan flash atau install ulang pada OS android. Akan tetapi jika memang kedua kamera smartphone tersebut tidak berfungsi keduanya, bisa dipastikan IC dari lensa kamera telah rusak dan anda harus melakukan penggantian komponen tersebut ke servis senter.

    Saran saya, gantilah komponen tersebut ke service center resmi dari pabrikan smartphone anda masing-masing. Itu karena penanganan di sana lebih terjamin dengan peralatan yang memang di khususkan untuk produk tersebut. Selain itu, komponen yang bakal di ganti akan berkualitas original dan tentunya bergaransi resmi.

    Demikian sedikit tips dan cara mengatasi kamera yang gagal atau tidak bisa di buka. Silakan anda mencoba mengecek nya sendiri terlebih dahulu agar sebelum di bawa ke servis senter anda sudah tahu masalah apa yang sebenarnya timbul pada perangkat smartphone yang anda miliki.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini