Iklan

Tips Atasi Hp Android Saat Terkena Air Agar Tidak Rusak

31/08/2020, 12:29 WIB Last Updated 2020-08-31T05:29:58Z
Cara atasi smartphone saat terkena air

Bagi kita yang mempunyai sebuah smartphone yang tidak tahan air, hal ini tentu mengharuskan kita agar selalu menjaga smartphone tersebut supaya tidak kontak langsung dengan air. Sebab jika sampai smartphone kita terkena air baik itu kehujanan ataupun terendam karena didalam kantong celana yang dicuci, maka sudah pasti hal tersebut akan berdampak buruk pada smartphone android yang kita miliki.

Akan tetapi, bagaimana jika seandainya memang terjadi smartphone kita terkena paparan air atau terendam? Jika demikian mungkin tips dibawah ini bisa kamu coba agar smartphone kamu tidak sampai rusak setelah terkena air. Namun poin yang pertama harus kamu lakukan ialah segera copot baterai smartphone kamu dan bersihkan air yang menempel menggunakan kain bersih. Untuk air yang masuk kedalam komponen, ada beberapa cara agar air tersebut hilang diantaranya seperti dibawah ini.

1. Gunakan Beras Pada Hp Yang Terendam Air

Cara yang pertama jika hp atau smartphone kamu terkena air adalah gunakan beras untuk melarutkan sisa air yang ada didalam hp tersebut. Untuk cara melakukanya, ambilah beras secukupnya dan tuang ditempat yang cukup untuk meletakan hp, bisa juga menggunakan piring. Lalu rendamlah hp yang terkena air tersebut kedalam beras.

Perlu di ingat, cara ini tidaklah instan karena tidak cukup hanya beberapa jam saja. Lakukan perendaman minimal 3 hari agar dapat memastikan larutan air yang menempel pada komponen smartphone tersebut sudah hilang. Jika air tidak benar benar hilang dan kamu nyalakan paksa, mungkin akan berakibat hp kamu akan menjadi lemot bahkan bisa terjadi kerusakan yang fatal.

Baca juga:



2. Mengeringkan Hp Dengan Silica Gel

Tips yang kedua yaitu gunakan silica gel untuk menghilangkan cairan yang ada di dalam hp. Silica gel terbukti sangat ampuh untuk mengatasi hp yang terendam air, sebab silica gel memang diciptakan khusus sebagai anti lembab pada barang apapun. Apa ada yang belum tahu apa itu silica gel? Silica gel adalah serbuk yang dibuat untuk mengurangi kelembaban pada sebuah produk baik itu makanan material atau yang lainya. Kamu bisa menjumpai silica gel pada makanan yang biasanya terbungkus dengan tulisan "not eat"

Untuk mendapatkan silica gel, kamu bisa mendapatkanya secara bekas pada produk produk sepatu, makanan ringan dan lain lain. Terkadang ada juga toko yang menjualnya. Nah kembali ke poin, untuk mengatasi hp yang baru saja terendam air, taruhlah hp kamu pada sebuah wadah yang bisa tertutup rapat, kemudian taburkan silica gel kedalam wadah tersebut dan biarkanlah hp tersebut didalam kurang lebih antara 2 hingga 3 hari.

3. Menggunakan Hairdyer

Untuk cara selanjutnya yaitu menggunakan pengering rambut atau yang sering kita kenal dengan nama hairdryer. Untuk cara melakukanya, arahkan hairdryer dan semprotlah pada bagian komponen belakang ataupun pada bagian bagian yang berlubang. Lakukan cara ini dengan ber angsur angsur dan jangan terlalu dekat dalam menyemprotkan hawa panas yang dikeluarkan oleh alat tersebut.

Namun perlu kamu ingat, jangan semprotkan hawa panas tersebut pada bagian layar atau touch secreen pada perangkat hp kamu, sebab terkadang ini justru akan membuat layar menjadi erorr nantinya. Lakukan cara ini seperti cara cara diatas yaitu 3 kali sehari hingga kurang lebih 2 - 3 hari.

Nah itulah beberapa cara menangani hp yang terkena air agar kalian bisa mengantisipasi kerusakan yang akan ditimbulkan. Sekedar saran, hindarkanlah hp kamu dari kondisi yang memungkinkan bisa terkena air dan cobalah belajar Cara merawat hp android dengan benar agar awet. Dengan kamu merawat hp kamu dengan benar maka risiko kerusakan akan dapat kamu hindari semaksimal mungkin
Komentar

Tampilkan

Terkini