• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Atasi Memori Penuh Pada Android Tanpa Hapus Data Penting

    The Cadaz
    21/12/2019, 21:33 WIB Last Updated 2020-04-25T02:18:30Z

    Saat kita sedang asyik menggunakan smartphone, terkadang banyak sekali hal-hal yang tidak terduga tiba-tiba terjadi. Salah satunya adalah memori internal smartphone android kita penuh, tentu keadaan ini akan membuat kita sedikit jengkel karena akan ada beberapa fitur yang tidak akan bisa kita gunakan saat keadaan ini terjadi.

    Yang lebih membuat kita semakin jengkel, memori penuh ini terjadi saat kita sedang akan melakukan kepentingan dengan smartphone seperti saat akan mengambil gambar kenangan yang spesial misalnya, atau di saat kita sedang melakukan tugas kerja dengan menggunakan android. Sebenarnya kita dapat mencegah hal itu terjadi dengan melakukan perawatan pada hp kita secara berkala tanpa harus menghapus data-data ataupun aplikasi penting.

    Mengatasi Memori Penuh Pada Smartphone android

    Untuk menjaga agar memori hp kita tetap stabil, sebenarnya kita bisa melakukan hal-hal sepele dengan mudah tanpa harus menghapus file-file penting yang tersimpan. Penasaran? Simak caranya di bawah ini.

    1. Menghapus Thumbnail

    Cara yang pertama adalah menghapus thumbnail pada file tersembunyi. Perlu kita tahui thumbnail merupakan kumpulan data pada smartphone kita yang tiap waktu terus bertambah seiring kita menggunakan smartphone itu sendiri. Thumbnail ini bisa memakan memori hp kita hingga mencapai ukuran 1 - 2 GB, bisa kamu bayangkan ukuran memori tersebut bisa kita gunakan untuk menyimpan file-file penting.

    Bagaimana cara menghapus thumbnail? Sebenarnya untuk menghapusnya sangat mudah, namun banyak orang yang tidak tahu hal ini karena thumbnil ini merupkan jenis file tersembunyi. Untuk menghapus nya, silakan kamu buka aplikasi "my file" atau "file saya".
    Setelah kamu buka aplikasi file saya, selanjutnya buka penyimpanan internal atau penyimpanan telepon dan carilah folder yang bernama "DCIM"

    Cara atasi memori hp penuh

    Nah di dalam folder DCIM ini, silakan kamu cari folder thumbnail, dan setelah ketemu kemudian buka lalu kamu hapus file thumbnail tersebut seperti gambar di bawah ini

    Mengatasi memori penuh

    Jika folder thumbnail tidak ditemukan, berarti kamu belum mengaktifkan pada pilihan "tampilkan file tersembunyi" dan sebaiknya kamu aktifkan terlebih dahulu file yang tersembunyi pada smartphone kamu.

    2. Menghapus Data Memori Pada Browser Chrome

    Chrome merupakan sebuah browser web yang terkenal cepat dan handal, namun dibalik semua itu, chrome terus menerus menyimpan data pada penyimpanan nya. Apalagi jika kamu sering menggunakan browser ini, dipastikan data ataupun file sampah akan banyak yang tersimpan.

    Untuk menghapus data pada aplikasi chrome, silakan kamu buka pengaturan. Setelah kamu membuka pengaturan, sekarang silakan kamu cari pada pilihan menu "Aplikasi" dan carilah aplikasi chrome

    Cara atasi memori penuh

    Pada tampilan seperti yang ditunjukan gambar dibawah ini, buka penyimpanan lalu kamu pilih hapus data / hapus memori

    Cara atasi memori full

    Sebagai catatan, cara ini dapat anda terapkan untuk semua aplikasi yang terinstall di smartphone kamu. Namun dari sekian banyaknya aplikasi, biasanya chrome inilah yang paling banyak memakan memori internal.

    3. Pindahkan Aplikasi ke Kartu Memori

    Lalu untuk cara yang terakhir, apabila kartu memori kamu masih banyak menyisakan ruang, maka disarankan kamu untuk memindah instalasi aplikasi yang terpasang ke kartu memori. Kenapa harus aplikasi yang dipindah? Karena aplikasi ini cukup banyak menggunakan memori dari pada file lain seperti foto, musik dan lain - lain.

    Biasanya, aplikasi yang telah kamu download pada play store, ini akan menggunakan memori internal sebesar 5 GB lebih. Jadi dengan kamu memindahkan instalasi nya ke kartu memori, smartphone kamu akan ada ruang baru yang kosong sebesar 5 GB untuk digunakan sebagai penyimpanan lainya.

    Namun, kelemahan menggunakan metode ini, aplikasi akan jadi sedikit lambat saat di akses. Itu karena aplikasi tersebut harus berjalan pada memory external. Selain itu, tidak semua hp samsung mendukung bisa memindah aplikasi ke kartu memori.

    4. Memindahkan File Ke Kartu Memori

    Seperti di jelaskan di atas, tampilan peringatan memori internal penuh akan terjadi walaupun kartu memori kamu masih banyak ruang yang kosong. Ini di karenakan kinerja yang dilakukan oleh sistem di proses pada memori internal atau memori telepon. Jadi walaupun memori kartu kamu masih banyak yang kosong, maka sistem android tidak akan bisa bekerja secara maksimal.

    Untuk mengatasi hal tersebut, caranya adalah dengan memindahkan file-file kamu yang ada di memori telepon kedalam kartu memori.

    Demikian sedikit tips untuk mengatasi memori internal pada smartphone. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini