• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Menampilkan File Tersembunyi Di Android Tanpa Aplikasi

    The Cadaz
    02/12/2019, 18:57 WIB Last Updated 2023-12-15T17:09:10Z
    Menampilkan hiden file android tanpa aplikasi

    Hiden file atau folder tersembunyi merupakan sebuah file yang tersimpan di dalam memori internal ataupun external pada smartphone. Biasanya, jenis file ini digunakan oleh sistem android untuk melakukan suatu progres tertentu pada smartphone seperti salah satunya untuk menyimpan thumbnail galeri agar gambar di galeri menjadi lebih cepat tampil ketika kita membuka nya.

    File tersembunyi ini juga digunakan untuk menyimpan data aplikasi yang gunanya tak jauh beda seperti di atas yaitu untuk mempercepat kinerja aplikasi saat kita buka. Namun ada juga file tersembunyi ini merupakan sebuah file sampah yang menumpuk selama kita menggunakan aktivitas dengan smartphone itu sendiri.

    Jadi pada intinya file atau folder tersembunyi ini tidak semuanya menguntungkan untuk smartphone kita. Seperti contohnya file sampah yang disebutkan di atas, file ini justru akan membuat penyimpanan pada smartphone kita menjadi penuh dan tentu ini sangat merugikan untuk kita. Selain itu, file sampah ini juga akan membuat kinerja smartphone semakin lambat.

    Cara Tampilkan File Atau Folder Tersembunyi Tanpa Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

    Seperti namanya, file ini tidak dapat kita cari atau kita lihat pada folder penyimpanan smarthpone karena secara default android telah menyembunyika nya. Namun dengan sedikit trik, kita dapat menampilkan file ini jika kita ingin sekedar menghapus nya untuk membersihkan file sampah yang ada di smartphone. Kita bisa menampilkan file tersembunyi ini tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga dengan cara sebagai berikut.

    1. Pertama, siilakan kamu buka aplikasi 'My Files' atau file saya ataupun pengelola file pada hp kalian.
    2. Kemudian setelah membuka tampilan aplikasi my file, kamu tap menu titik 3 yang ada di sebelah kanan atas layar.
    3. Selanjutnya, silakhan kamu pilih pada menu pengaturan
    4. Dalam pengaturan tersebut, kamu aktifkan pada pilihan " tampilkan file tersembunyi " atau show hiden files jika menggunakan bahasa inggris.

    Jika masih bingung, kamu bisa melihat urutan yang tertera pada gambar dibawah ini.

    Cara tampilkan folder atau file tersembunyi pada smartphone android

    Setelah selesai melakukan hal diatas, berarti file tersembunyi yang ada di smartphone kamu telah tampil dan untuk mengeceknya, silakan telusuri seluruh folder yang ada di dalam aplikasi my file tersebut. File tersembunyi biasanya di tandai dengan disertai tanda titik di depan namanya dan mempunyai warna yang sedikit disamarkan dari folder atau file yang lainya.

    Baca Juga:

    Keuntungan Mengaktifkan Hiden File

    Banyak sekali keuntungan yang akan kita dapatkan jika kita mengaktifkan file yang tersembunyi pada smartphone android kita di antaranya :

    • Bisa menghapus file sampah tanpa harus mendownload aplikasi pihak ketiga
    • Dapat melihat file tidak dikenal yang tersimpan pada smartphone android
    • Menjadi transparan dalam mengelola file dan folder yang tersimpan
    • Dapat menghapus file berbahaya yang menyusup masuk di smartphone

    Demikian seputar trik cara menampilkan file yang tersembunyi pada smartphone android tanpa harus mendownload aplikasi pihak ketiga.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini