Iklan

Cara Sederhana Mempercepat HP Android yang Lemot

The Cadaz
16/01/2020, 10:34 WIB Last Updated 2020-04-30T07:30:31Z
Cara atasi hp android lemot

Semakin lama digunakan, biasanya kecepatan smartphone akan menurun. Ketika smartphone andalan Anda mulai melemah, tentu bisa merubah mood Anda bukan? Lantas apa yang bisa dilakukan jika smartphone Anda mulai lambat, khususnya HP Android Anda? Apakah harus mengganti smartphone kesayangan Anda dengan flagship yang harganya selangit?

Cara Atasi HP Android Lemot

Eits tak perlu khawatir, karena smartphone yang sudah lama menemani hari-hari Anda tersebut bisa kembali cepat dan anti lemot lagi lho. Caranya pun sangat mudah, bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Berikut panduan cara sederhana mempercepat HP Android yang lemot.

1. Hapus Cache Aplikasi

Setelah masa penggunaan yang cukup lama, program yang disimpan pada bagian cache aplikasi akan mengisi dan menyita ruang data sistem. Alhasil ponsel pun semakin hari semakin lambat.

Oleh sebab itu, Anda bisa menghapus cache aplikasi secara berkala untuk mengembalikan kecepatan ponsel.

2. Disable Bloatware

Saat memori internal masih prima, Anda bisa menginstal puluhan aplikasi di smartphone Anda. Tapi apakah Anda yakin jika semua aplikasi tersebut digunakan secara maksimal? Jika tidak, sebaiknya mulai bersihkan aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan dari ponsel Anda.

Mengapa demikian? Karena plikasi bisa berjalan di latar belakang, bahkan ketika Anda sedang tidak membuka aplikasinya. Jika smartphone Android Anda memiliki akses root, Anda pun tidak harus langsung menghapus aplikasi pre-install, akan tetapi masih bisa men-disable aplikasi tersebut.

3. Nonaktifkan Animasi

Faktor lain yang bisa membuat smartphone terasa lebih berat dan lelet adalah animasi. Jika memang animasi ini tidak berfungsi atau tak memiliki peran khusus pada smartphone, sebaiknya langsung nonaktifkan saja.

Cara sederhana mempercepat HP Android yang lemot dengan menonaktifkan animasi bisa dilakukan dengan masuk setting-about phone-build number-developer options-window animation scale-animation is off. Anda juga bisa menonaktifkan pada pilihan lain (transition animation scale).

4. Meningkatkan Batas Memori Chrome Browser

Dari pengaturan defaultnya, browser Chrome hanya memakai 128 MB RAM yang tersedia. Akan tetapi Anda bisa meningkatkannya sampai 4 kali lipat untuk penggunaan Chrome yang lebih lancar dan cepat.

Caranya meningkatkan batas memori Chrome Browser bisa dilakukan dengan masuk ke chrome://flags/#max-tiles-for-internets-area. Setelah muncul PopUp, pilih opsi 512. Terakhir pilih Relauch Now dan batas memori Chrome pun akan meningkat 4 kali lipat.

5. Nonaktifkan Animas Lockscreen

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat HP Android Anda adalah dengan menonaktifkan animasi lockscreen. Langkah-langkahnya pun sangat mudah.

Pertama buka setting lalu pilih Lock Screen, pilih Unlock effect, dan terakhir pilih none. Selanjutnya tampilan lockscreen Anda akan lebih sederhana tanpa mengurangi keindahan tampilan ponsel.

6. Gunakan App2SD

Dilihat dari pengaturan dasarnya, aplikasi ini sudah memiliki banyak fitur. App2SD memungkinkan Anda untuk transfer file ataupun aplikasi ke kartu SD. Nah dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa memperingan memori RAM sehingga kinerja ponsel meningkat. Sayangnya belum semua aplikasi didukung dengan fitur ini.

Lalu bagaimana jika ponsel Anda di-root? Anda bisa memindahkan aplikasi yang diinginkan ke kartu SD menggunakan aplikasi khusus. Salah satu rekomendasi aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan adalah DroidSail super App2SD.

7. Gunakan Kernel Overclocked

Setiap HP Android sudah diatur dengan frekuensi CPU tertentu dan juga didominasi oleh Kernel pada perangkat. Ada begitu banyak pengembang Android yang mengembangkan kernel mereka sendiri, sehingga memungkinkan pengguna untuk overclock CPU.

Proses ini akan membantu meningkatkan CPU clock, dengan begitu perangkat akan bekerja lebih cepat dan tidak lelet lagi.

8. Gunakan Custom ROM yang Diperbaharui Terus

Setiap ponsel baru pastinya sudah dilengkapi dengan ROM default. Akan tetapi dengan ROM bawaan ini pengguna cukup sulit mengoptimalkan serta menyesuaikan ponsel dengan keinginan dan kemampuannya.

Sementara itu, sekarang sudah hadir Custom ROM yang dikembangkan oleh sebuah tim atau perorangan yang bisa mengoptimalkan ponsel sehingga bekerja lebih cepat dan skalabilitasnya pun lebih baik.

Anda pun bisa mencari kernel dan Custom ROM ini pada beberapa forum.

Coba cara sederhana mempercepat HP Android yang lemot dari yang paling sederhana hingga langkah terakhir dan lihat bagaimana hasilnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini