• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Perawatan Baterai HP Android Agar Awet Dan Tahan Lama

    The Cadaz
    17/01/2020, 08:46 WIB Last Updated 2020-06-22T04:39:06Z
    skrip iklan
    skrip iklan disini
    Cara perawatan baterai hp android agar awet

    Smartphone masa kini rata-rata sudah dibekali dengan layar luas, RAM besar, prosesor cepat dan kemampuan multitasking yang tinggi. Meskipun menawarkan segudang kelebihan dan inovasi, akan tetapi hal ini juga berbanding lurus dengan penggunaan baterai yang lebih boros. Alhasil ponsel pun harus dibekali dengan baterai berkapasitas lebih besar.

    Komponen penting pada smartphone ini memang jadi sector yang sangat diperhatikan oleh produsen smartphone. Dimana setiap produsen smartphone kini berlomba-lomba untuk menawarkan ponsel dengan kapasitas baterai jumbo.

    Sayangnya, meski sudah dibekali dengan kapasitas yang begitu besar namun karena perawatan yang tidak tepat, baterai ponsel tetap saja terasa boros. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena cara perawatan baterai HP Android agar awet untuk main game ataupun melakukan aktivitas lain sangatlah mudah.

    1. Hindari Mode Getar

    Biasanya mode getar jadi alternative bagi Anda yang tetap ingin mendapatkan notifikasi tanpa harus terganggu dengan suara ponsel, semisal ketika sedang rapat, di dalam kelas atau saat-saat tertentu.

    Tapi perlu Anda ketahui, mode getar justru membutuhkan daya besar yang membuat baterai harus bekerja lebih keras. Untuk menghemat daya baterai dan juga menjaganya agar tidak cepat rusak, sebaiknya minimalisir penggunaan mode getar pada ponsel pintar Anda.

    2. Hindari Permukaan Panas

    Permukaan layar yang panas bisa membuat kecerahan layar berkurang lho! Selain itu, panas sinar matahari pun bisa membuat permukaan smartphone menjadi overheat. Panas dari sinar matahari (luar) yang bertemu dengan panas permukaan baterai akan berisiko membuat baterai ponsel menjadi cepat kembung bahkan mudah drain.

    3. Jangan Biarkan Smartphone Overheat

    Ketika smartphone digunakan terus menerus, terlebih jika digunakan untuk bermain game bergrafis-HD semisal PUBG Mobile, smartphone akan mudah overheat alias terlalu panas.

    Beberapa aktifitas lain juga dapat membuat ponsel overheat semisal untuk menonton film online dan lain sebagainya. Agar tidak overheat, cobalah gunakan smartphone secukupnya saja dan usahakan untuk selalu mematikan aplikasi dari background.

    4. Menjaga Siklus Pengecasan Smartphone

    Pernah dengar mitos baterai akan cepat rusak jika dicas selama semalaman penuh? Ternyata hal tersebut sudah tidak berlaku lagi saat ini, karena ponsel masa kini sudah dibekali dengan sistem yang berfungsi menghentikan daya listrik saat baterai sudah terisi penuh.

    Teori lain mengatakan jika ponsel sebaiknya dicas ketika baterai tersisa 40% dan mencabutnya setelah terisi kurang lebih 80%. Tapi untuk lebih amannya, sebaiknya cas ponsel ketika baterai sudah menunjukkan indikasi lemah (20-30%) dan cabut setelah baterai penuh.

    Tujuannya ialah untuk menjaga siklus baterai smartphone Anda. Terlebih lagi sekarang sudah banyak ponsel yang dilengkapi fitur fast charging sehingga untuk menunggu baterai ponsel penuh sudah tak perlu lama-lama lagi deh.

    5. Aktifkan Battery Saver

    Ketika sudah lemah, biasanya ponsel secara otomatis akan menawarkan agar Anda mengaktifkan Battery Saver. Dengan mengaktifkan fitur ini ketika ponsel Anda dalam keadaan low-batt, otomatis performa CPU pada ponsel Anda akan berkurang.

    Sementara jika Anda memaksakan agar smartphone tetap bekerja dengan full performance ketika baterai sudah lemah, maka hal ini akan memicu penurunan kualitas dan juga umur smartphone tersebut.

    Untuk ponsel yang tidak dilengkapi dengan fitur ini juga bisa install aplikasi yang memiliki fitur battery saver di Google Play Store.

    6. Bijak Mengaktifkan Fitur Lokasi

    Selain untuk bermain game dan menonton film, kegiatan lain yang juga akan mempercepat baterai habis ialah terus menerus mengaktifkan fitur lokasi pada ponsel. Jika dalam sebulan penuh Anda terus mengaktifkan fitur ini, baterai akan sangat cepat drain.

    Jadi agar umur baterai bisa lebih lama dan performanya tetap terjaga, sebaiknya bijaklah dalam menggunakan fitur lokasi. Jika sedang tidak dibutuhkan sebaiknya matikan saja fitur ini.

    7. Atur Kecerahan Layar

    Saat Anda mengatur kecerahan layar pada tingkat paling rendah, smartphone Anda akan menjadi lebih hemat baterai. Semisal ketika berada di dalam ruangan sebaiknya atur dalam kecerahan minimal, sementara saat berada di tempat terang Anda bisa meningkatkan kecerahan hingga layar terlihat jelas.

    Jika tidak dibutuhkan sebaiknya Anda juga tidak mengaktifkan fitur auto-brightness yang cukup menguras baterai. Agar penghematan baterai lebih maksimal, jangan lupa untuk atur Time-Sleep dengan waktu tidak lebih dari 1 menit ya.

    Yups itu dia beberapa cara perawatan baterai HP Android agar awet untuk main game yang bisa Anda lakukan. Selain itu, Anda juga bisa menjauhi aplikasi yang banyak menawarkan iklan, gunakan airplane mode, dan juga menggunakan wallpaper statis.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini