Iklan

Cara Menghemat Memori Internal Hp Android Agar Tidak Penuh

15/10/2020, 20:16 WIB Last Updated 2020-10-15T13:16:14Z
Cara hemat memori internal smartphone


Memori internal pada smartphone adalah tempat untuk menyimpan data pada perangkat tersebut. Memori ini juga yang dipakai untuk menyimpan semua data sistem dan juga tempat penginstallan aplikasi bawaan pada smartphone. Oleh sebab itu kita sebagai pengguna harus senantiasa menjaga agar memori tersebut tidak penuh. Sebab jika sampai penuh, maka smartphone kita akan terhambat dalam kinerjanya mengingat sistem operasi android terpasang pada memori internal ini.

Agar kinerja hp android selalu optimal, maka harus pandai memanage dan jika perlu kita harus menghemat memori internal pada hp kesayangan kita apalagi bagi yang hp nya berkapasitas terbatas. Untuk menghemat memori telepon, ada beberapa cara yang harus kita lakukan yaitu:

1. Hanya Pasang Aplikasi Versi Lite


Aplikasi versi lite yang tersedia di play store merupakan aplikasi yang dibuat dengan ukuran sangat kecil, sehingga hp yang punya spek pas pasan misalnya hanya punya internal memori 8 - 16 Gb saja akan tetap bekerja secara maksimal. Aplikasi ini juga diklaim memakan RAM sangat sedikit sehingga bagi kamu yang punya perangkat minim ram akan tetap beroperasi secara cepat.

Oleh karena itu bagi kalian yang ingin menghemat memori internal, maka segera berganti ke appikasi yang versi lite. Beberapa aplikasi yang tersedia dalam versi lite misalnya facebook lite, messenger lite, line lite, kamera 360 lite dan masih banyak lagi yang disediakan.


2. Pindahkan Aplikasi Ke Memory Card


Aplikasi yang telah kalian download dan install dari play store sejatinya akan terinstall pada memory internal. Jika banyak aplikasi yang dipasang pada smartphone, maka lama kelamaan pasti memory internal penuh walaupun kalian tidak menyimpan file pada memory internal

Dengan memindahkan aplikasi ke ekternal memori atau kartu memori, maka hp kamu akan lega. Untuk memindahkan aplikasi ke kartu memori caranya sebagai berikut

  • Buka setelan atau pengaturan
  • Pilih pengaturan aplikasi
  • Dan klik aplikasi yang hendak kalian pindahkan ke kartu memori
  • Lalu klik penyimpanan dan klik ubah kemudian pindahlan ke sd card

Namun perlu di ingat, tidak semua tipe smartphone dapat memindahkan aplikasi yang terpasang ke kartu memori. Jika kalian tidak dapat menemukan setelan seperti diatas, itu berarti hp kalian tidak support.

3. Selalu Hapus File Thumbnail


Thumbnail adalah sebuah folder yang berisi file foto kecil-kecil. Sebenarnya file ini ada manfaatnya juga, namun berhubung ukuranya sangat besar hingga 2 GB, maka sebaiknya kalian perlu menghapus agar bisa menghemat memory internal pada smartphone kalian.

Namun yang perlu di ingat, file thumbnail ini disembunyikan secara default oleh sistem android. Jadi, kalian tidak akan dapat melihat file ini sebelum kalian memunculkan file yang tersembunyi. Agar kalian dapat melihat file tersebu silahkan baca Cara Tampilkan File Tersembunyi Di Android Tanpa Aplikasi

4. Tidak Usah Melakukan Pembaruan


Agar memori internal hp kalian tidak cepat penuh, sebaiknya kalian jangan memperbarui atau update baik itu OS maupun aplikasi. Sebab, semakin diperbarui maka ukuran aplikasi tersebut semalin besar dan jika hp kalian punya spek yang minim, maka perangkat tersebut akan mengalami full memory.

Memperbarui aplikasi memang hal yang bagus dan sangat direkomendasikan, namu sebagai gantinya memori internal hp kalian akan penuh dan banyak yang mengeluh jika kinerja hp nya menurun. Oleh sebab itu, baiknya kalian hanya update saja aplikasi yang dirasa begitu penting.

Nah itulah beberapa point agar dapat menghemat memory internal pada hp kesayangan kalian
Komentar

Tampilkan

Terkini