Iklan

Kelebihan Serta Fitur Android 11 Yang Canggih

06/11/2020, 16:16 WIB Last Updated 2020-11-06T09:16:10Z
Fitur dan kelebihan android 11

Adopsi Android 10 belum merata untuk beberapa perangkat pengguna nya. Namun, tampaknya Google telah bersiap-siap untuk meluncurkan update OS terbarunya yaitu Android 11. Bahkan para pengguna sudah dapat mencoba fitur-fitur terbaru android anyar ini melalui Developer Preview. Nah, jika kalian penasaran apa saja fitur serta kecanggihan terbaru yang terdapat pada Android 11, kalian dapat menyimaknya pada artikel ini.

Fitur Android 11 Dan Kecanggihan nya

1. Built-in Fitur perekaman layar

Dahulu, para pengguna hp Android pernah merasa iri pada fitur perekaman layar bawaan mipik Apple yang dapat berfungsi ke berbagai perangkatnya. Tapi nampaknya pengguna android saat ini akan tenang, karena pada Android 11 sudah memiliki fitur "screen recording" bawaan yang tertanam pada android 11. Nantinya, fitur perekaman ini dapat di akses lewat tampilan quick setting/notification panel.

2. Dark Mode Semakin Adaptif

Mode gelap atau dark mode sudah menjadi fitur yang di sorot pada versi Android 10, fitur yang sudah lama di idamkan para pengguna Android akhirnya disediakan secara bawaan, dan Pada versi Android 11, mode gelap akan dapat beradaptasi dengan kondisi tertentu dan fitur tersebut akan aktif secara otomatis. Misalnya, mode gelap akan aktif pada waktu malam tiba, dan pada pagi hari, mode gelap akan otomatis nonaktif.

3. Foto Mode Bokeh Lebih Gemilang

Pada sektor fotografi pun tak luput dari perhatian pengembang Google, mode foto bokeh yang sedang marak saat ini rupanya di hadirkan menjadi suatu fitur unggulan. Google telah mengklaim, smartphone android tidak hanya sanggup mengambil gambar efek bokeh dengan kualitas tinggi memakai sebuah tag metadata, tetapi juga video dengan efek bokeh pun telah disiapkan pada android 11.

Baca Juga:

4. Integrasi Jaringan 5G Yang Makin mulus

Jaringan 5G memang sebuah konektifitas baru di masa sekarang ini, apalagi dinegara kita. Akan tetapi, Google tidak ingin basa-basi dan akan segera siapkan integrasi serius untuk smartphone dengan OS Android 11 ini. Melalui rilis barunya, Google diketahui tengah mengembangkan sebuah Application Programming Interface (API) yang dinamai "Dynamic Meteredness API".

API besutan baru ini akan bekerja agar mendeteksi seandainya sebuah ponsel yang telah mendukung jaringan 5G mendapat sinyal dengan status data unlimited, maka semua konten seperti gambar, video ataupun grafis akan ditampilkan secara dafault dengan kualitas yang terbaik.

5. One-Time Permission Yang Meningkatkan Keamanan Pengguna

Apakah kalian pernah saat install sebuah aplikasi kemudian ketika kita buka aplikasi itu meminta izin untuk akses yang tidak wajar terus menerus padahal kalian tidak sedang memakainya? Begini Contohnya, pada saat kalian meng install sebuah aplikasi ojek online, maka kalian perlu aktifkan izin lokasi terlebih dahulu agar aplikasi tersebut dapat menentukan alamat. Maka dari itu, akses tersebut harus di izinkan, hanya dalam satu kali sesi saja. Bisakah seperti itu?

Jawabanya sangat bisa, sebab Google telah mencoba atasi hal itu pada fitur Android 11 dengan fitur "one-time permission" ini. Fitur tersebut nantinya dapat memberitahu pengguna apabila aplikasi yang sedang di jalankan perlu sebuah akses khusus ke file atau aplikasi lain, dan akan memberi pilihan untuk membolehkan nya melakukan akses satu kali saja.

6. Fitur Senyap Disaat Merekam Video

Notifikasi adalah masalah untuk para vlogger yang suka merekam kegiatan nya memakai smartphone. Yang mana pada saat ditengah melakukan rekaman momen seru, Hp tiba-tiba ada notifikasi serta mengakibatkan bergetar dan membuat footage mereka berantakan. Masalah tersebut rupanya telah di ketahui oleh Google dan pada OS Android 11, semua notifikasi baik itu chat, alarm serta interupsi yang lain akan di senyapkan untuk sementara pada saat pengguna membuka kamera atau merekam video.

7. Makin Kompatibel Dengan Desain Layar Perangkat Terkini

Pada zaman notch perlahan mupai pudar dan di gantikan desain "punch hole" display Serta meningkatnya produksi layar melengkung di sisi, atau biasa sering di sebut "waterfall display". Hal ini juga akan di siasati oleh Google dengan menambahkan  API baru pada android 11.

API baru tersebut konon memungkinkan layar "waterfall display" tidak hanya menjadi estetika belaka, namun akan mempunyai fungsi yang dapat di maksimalkan, misalnya seperti untuk menampilkan sebuah notifikasi yang penting dan kegunaan bermanfaat lainya.

8. Desain Notifikasi Yang Makin Luwes Serta praktis

Merespon sebuah notifikasi pada ponsel Android sebenarnya memang sudah tersaji dengan sangat jelas, misalnya saat ada chat masuk, pengguna dapat langsung melihatnya tanpa membuka app yang bersangkutan, cukup hanya mengusap layar dari bagian atas hingga ke bawah, maka isi dari chat tersebut akan terlihat seluruhnya, dan bahkan bisa langsung membalasnya.

Pengembang androud 11 nampaknya belum puas terhadap hal ini, dan saat ini respon untuk sebiah notifikasi akan dapat melakukan interaksi lebih dalam dan canggih lagi, dengan membolehkan adanya sebuah percakapan yang langsung ditampilkan pada bubbles chat. Dengang demikian, maka tak akan mengganggu aktivitas aplikasi lainnya yang sedang dibuka. Penggunapun juga bisa langsung mengirim media seperti video/foto lewat chat bubbles tersebut.

9. Keamanan Ganda Menggunakan Sensor Biometrik

Saat ini, ponsel tidak lagi hanya sekadar alat untuk komunikasi, sebuah akun mobile banking yang dapat menjalankan transaksi pembayaran digital serta berbagai aktivitas lainnya yang penting serta memuat berbagai informasi sensitif telah berlangsung dilakukan pada smartphone. Keamanan serta privasi tentu harus menjadi faktor yang wajib ada pada smartphone.

Googlepun mengerti hal tersebut, dan pada android 11 telah mengimplementasikan sebuah fitur otentifikasi yang berlapis dengan menjadikanya fungsi biometrik jadi lebih terintegrasi kedalam berbagai aplikasi. Contohnya, didalam apl transaksi keuangan digital yang perlu akses khusus terhadap data sensitif, sensor sidik jari ataupun pemindai wajah akan di perlukan sebelum transaksi di lanjutkan.

10. Pembaruan Serta Stabilitas yang Ditingkatkan

Sebagai sistem operasi terbuka, Android tak jarang sering di sebut OS yang sangat rentan terhadap serangan malware. Namun untungnya, pada saat pada update Android 10, Google telah meningkatkan keamanan lewat fitur "Google Play Protect", yang yang berfungsi menjadikan tiap aplikasi terdaftar ditoko aplikasi play store sudah di pindai lebih mendalam sehingga di nyatakan aman untuk digunakan.

Pada update Android 11 ini, Google juga kembali berupaya agar menguatkan pada sektor sekurity mellui "Google Play Updates" dan dengan detil menambah 22 modul terbaru. Dan diantaranya yaitu modul perizinan, modul kontrol media, serta modul API jaringan tiruan. Modul ini akan berfokus utama di peningkatan untuk performa, keamanan, privasi serta konsistensi yang makin baik pada seluruh ekosistem OS Android.
Komentar

Tampilkan

Terkini