• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Edit Video Di Kinemaster Android

    12/09/2020, 12:26 WIB Last Updated 2020-09-12T05:26:07Z
    Cara edit video menggunakan kinemaster android

    Salah satu aplikasi di android untuk mengedit video adalah Kinemaster. Aplikasi ini populer dikalangan para youtuber guna membantu mengedit video mereka sebelum di unggah ke channel masing-masing. Keberadaan aplikasi ini di ponsel android membuat Kinemaster menjadi praktis dan mudah karena dapat diakses sesuka hati. Sebelum beranjak ke tutorial edit video, pastikan aplikasi kinemaster telah diinstal pada android anda.

    Tutorial Edit Video Dengan Kinemaster


    Mengenal fitur-fitur pada kinemaster juga perlu dilakukan sebelum memasuki tahap pengeditan. Apabila sudah mempelajari fiturnya, berikut penjelasan tentang tutorial edit video dengan kinemaster.

    1. Membuat Project Video


    Tahap awal sebelum mengedit video (mengedit suara, backsound, crop video, dan menambahkan tulisan) adalah membuat project. Langkah untuk membuat project adalah pertama-tama buka aplikasi kinemaster lalu pilih logo +. Lalu pilih "Empty Project".

    2. Cara Menambahkan Video Ke Dalam Project


    Apabila sudah membuat project, anda bisa menambahkan video dengan memilih atau mengeklik "Media Browser". Maka akan muncul video-video yang tersimpan pada galeri android anda. Lalu pilih video yang akan diedit, anda bisa memilih lebih dari satu video. Setelah selesai lalu klik logo centang yang ada di pojok kanan atas. Video yang dipilih akan muncul dalam tampilan project.

    Baca Juga: Aplikasi Edit Video Di Hp Terbaik 2020 Untuk Youtuber

    3. Cara Memotong / Cut / Crop Video


    Tahap selanjutnya adalah pemotongan video, untuk memotong bagian video anda harus memilih video yang terdapat dalam project lalu menandainya dengan warna kuning. Pada menu opsi akan berubah menjadi menu editor, lalu pilih simbol gunting yang terdapat dalam menu editor.

    Lalu muncul menu baru yaitu "Trim to left of played", "Trim to right of Played", dan "Split at Played". Anda dapat memilih salah satu dari ketiga pilihan tersebut sesuai dengan video yang akan dipotong. Setelah itu klik simbol centang.

    4. Cara Menambah dan Edit Backsound Suara Di Dalam Project


    Dalam aplikasi kinemaster, audio atau suara dapat kita edit mulai dari mengganti, menambahkan, atau mengatur tinggi rendahnya suara audio. Langkah untuk memasukkan audio ke dalam video adalah dengan mengeklik "Audio" , lalu muncul daftar lagu yang tersimpan pada android anda. Dari daftar lagu tadi, pilihlah file audio yang akan ditambahkan, lalu pilih simbol plus (+) dan pilih simbol centang. Biasanya video meemiliki suara bawaan sendiri, untuk menghilangkannya silakan pilih ikon "speaker" lalu akan tampil menu editor suara untuk video yang dipilih tadi, setelah itu klik kembali ikon "speaker" untuk menghilangkan suara bawaannya.

    5. Cara Menambah Tulisan Text Ke Dalam Video


    Sekedar memperjelas video atau mempercantik video, anda bisa menambahkan teks hidup atau animasi kedalam video. Pilihlah "Layer" selanjutnya pilih "Text" dengan simbol "T". Setelah mengeklik simbol tersebut anda akan disuruh memasukkan tulisan ke dalam video. Apabila jenis font tidak sesuai dengan selera anda, maka anda juga bisa mengubahnya. Selain jenis font, warna dan animasi juga bisa diubah.

    6. Cara Membuat Animasi Transisi Video


    Dalam tutorial edit video hal yang tidak terlewatkan adalah animasi transisi. Cara untuk memberikan efek animasi dan transisi perpindahan video satu ke video selanjutnya adalah dengan mengeklik simbol strip lalu pilihlah jenisnya setelah itu klik centang.

    7. Cara Menyimpan Video


    Pada proses penyimpanan video, anda bisa menyimpan video langsung pada galeri dengan kualitas penuh atau HD ukuran 1920x1080, atau kualitas rendah dengan ukuran 640x360. Setelah selesai pilihlah "Simpan video ke galeri". Tunggu sampai proses selesai.

    Tutorial edit video diatas diperuntukkan bagi pengguna android yang sudah menginstal aplikasi kinemaster. Jadi sebelum membaca artikel ini, silakan menginstal aplikasi kinemaster terlebih dahulu pada ponsel anda agar lebih mudah untuk mengikuti tutorialnya.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini