Iklan

Mengenal Bahaya Trojan Horse Pada Komputer Anda

The Cadaz
11/09/2020, 11:12 WIB Last Updated 2020-09-11T04:12:21Z
Tentang bahaya trojan horse

Didalam dunia IT, kemungkinan serangan pada sebuah jaringan atau komputer sangatlah mungkin bisa terjadi. Semakin canggih sebuah sistem dan keamananya, maka semakin canggih pula para penjahat cyber dalam membuat suatu serangan. Selama komputer anda terhubung ke jaringan atau internet, akan selalu terdapat kemungkinan menjadi target serangan online seperti serangan trojan horse.

Mengenal Apa Itu Trojan Horse

Istilah trojan horse dalam dunia keamanan komputer yang sering disebut sebagai Trojan ialah perangkat lunak yang sangat berbahaya dan bisa merusak sebuah jaringan komputer maupun system yang diciptakan oleh seseorang untuk melakukan misi tertentu pada komputer target. Trojan ini diciptakan dengan Tujuan untuk memperoleh sebuah informasi dari komputer yang ditargetkan seperti nama pengguna, sandi, system log, data sensitif, dan lainya.

Trojan juga dapat mengambil alih kendali terhadap komputer atau system anda secara penuh tanpa anda mengetahuinya. Sifat dari virus trojan sangatlah silent, dalam setiap operasinya selalu senyap seperti siluman dan tidak terlihat. Jadi bagi anda pengguna komputer yang kurang mempedulikan hal tersebut, maka trojan ini sangatlah mudah untuk masuk ke system anda.

Bagaimana Cara Trojan Masuk Pada Komputer Korban?

Dalam setiap operasinya, trojan sering menyamar dengan bentuk seolah-olah dia adalah program baik-baik. Dengan begitu, sering kali sekurity atau anti virus yang kurang update dikomputer kita akan terkecoh dan membiarkan sang trojan ini masuk kedalam komputer.

Biasanya, trojan dibuat dan disisipkan pada file dokumen atau bisa juga disisipkan ke file foto ataupun video. Jadi jika anda mendownload foto atau video yang telah disisipi tojan dan anda membuka foto atau video tersebut, maka saat bersamaan itu juga anda telah menjalankan trojan di komputer anda.

Setelah trojan aktif dikomputer anda, dia tidaklah bekerja sendirian. Trojan bekerja dengan cara dikontrol dari jarak jauh oleh si pembuatnya untuk mengambil alih sistem komputer anda dan melakukan misi sesuai tujuan.

Asal Mula Nama Trojan Horse

Istilah nama Trojan Horse atau kuda troya ini berasal dari mitologi Yunani kuno. Waktu itu sedang terjadi peperangan antara pasukan yunani melawan pasukan kerajaan troya. Saat itu pasukan yunani sudah 10 tahun lamanya mengepung kota troya, namun tidak pernah berhasil menjebol pertahanan kota troya tersebut. Nah, disinilah asal mula nama trojan horse dimulai, itu dikarenakan pasukan yunani ahirnya membuat patung kuda raksasa dari kayu.

Didalam patung tersebut di isi ratusan tentara yunani. Kemudian, pasukan yunani berpura-pura menyerah dan sambil memberikan hadiah sebuah patung kuda raksasa tersebut kepada pasukan troya. Ahirnya, patung kuda itu diterima oleh pasukan troya dan dimasukan kedalam pusat kota troya. Pada malam hari, pasukan yunani yang bersembunyi didalam patung tersebut keluar melakukan penyerangan mendadak dan membuka pintu gerbang kota troya. Ahirnya kerajaan yunani pun bisa menguasai kota troya.

Nah dari kisah perang tersebut ternyata ditiru oleh para penjahat cyber untuk membuat software berbahaya yang dapat masuk ke komputer tanpa dicurigai oleh sistem pengaman komputer tersebut. Seperti dijelaskan diatas, trojan menyamar seolah-olah dia adalah sebuah file baik-baik sehingga anti virus membiarkanya masuk, setelah trojan masuk ke dalam sistem, trojan akan melakukan aksinya.
Komentar

Tampilkan

Terkini