• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tips Dan Trik Menghemat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama

    The Cadaz
    25/04/2020, 19:00 WIB Last Updated 2020-05-25T14:44:12Z
    skrip iklan
    skrip iklan disini
    Cara hemat batere smartphone agar awet

    Setiap harinya, banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menggunakan smartphone. Namun terkadang, baterai pada smartphone mereka cepat habis karena berbagai sebab. Oleh karena itu, mereka harus mengetahui tips dan trik menghemat baterai smartphone agar tahan lama.

    Saat ini, banyak smartphone menggunakan baterai berjenis ion lithium atau polimer lithium. Dengan baterai jenis ini, kamu dapat mengisinya kapan saja, kamu tidak perlu membiarkannya benar-benar habis untuk mengisi ulang hingga 100 persen. Berikut ini adalah tips dan trik menghemat baterai agar tahan lama.

    Biarkan baterai Anda terisi penuh

    Jangan biarkan daya baterai kamu berkurang banyak. Usahakan agar baterai terisi daya rata-rata 50 persen setiap saat. Hal ini memang sedikit menganggu waktu pemakaian smartphone kamu. Jika bisa, isilah baterai smartphone kamu jika sedang tidak kamu gunakan atau kamu sedang melakukan aktifitas lain.

    Selalu menjaga baterai terisi penuh juga dapat menyababkan masa umur baterai smartphone kamu menjadi lebih panjang. Jadi cabutlah usb pengisian daya Ketika baterai yang sedang diisi daya sudah mencapai 100 persen, baru kamu bisa menggunakannya kembali.

    Gunakan Mode Pesawat

    Dengan mengaktifkan mode pesawat akan mematikan semua sinyal sehingga menghentikan aktivitas internet, email, pesan, panggilan telepon, dan koneksi Bluetooth. Hal ini bisa dilakukan ketika kamu berada di lokasi yang jauh dari akses untuk mengisi daya, sehingga baterai bisa tahan lama. Penggunaan internet,telepon dan lain sebagainya menjadi penyebab utama daya baterai cepat habis.

    Namun dengan cara ini kamu jadi tidak bisa menggunakan komunikasi yang memerlukan akses jaringan. Jika komunikasi kamu padat sebaiknya kamu cukup matikan saja paket datanya. Dengan begitu, kamu masih bisa untuk sekedar menerima telepon atau berkirim dan menerima sms.

    Memperbaharui Aplikasi Setiap Saat

    Rutin memperbarui aplikasi akan membantu memperpanjang masa pakai baterai kamu. Kamu dapat mengatur smartphone untuk memperbarui aplikasi secara otomatis, atau kamu dapat melakukan  pembaruan secara manual. Apapun alasannya, lebih baik menggunakan aplikasi terbaru yang tersedia untuk smartphone yang digunakan.

    Biasanya pengembang sering memperbarui aplikasi untuk mengoptimalkan memori dan daya baterai. Jadi perlu diperhatikan penggunaan aplikasi agar tidak berlebihan, karena sangat berpengaruh terhadap daya tahan baterai. Jadi jaga agar ponsel Anda tetap rapi dan terkini dengan hanya memasang aplikasi yang benar-benar Anda butuhkan dan gunakan.

    Gunakan Wallpaper Gelap

    Pada perangkat Android, wallpaper hitam atau gelap dapat menghemat masa pakai baterai. Hal itu karena layar menggunakan energi lebih ketika menggunakan wallpaper yang cerah. Wallpaper gelap tidak menyala terang, sehingga lebih sedikit daya yang diperlukan untuk menjalankan smartphone.

    Wallpaper terang cenderung menggunakan lebih banyak daya baterai. Jika perlu, gunakan sedikit animasi gelap pada smartphone sehinga pemakaian baterai tidak berlebihan. Menggunakan layar gelap juga bisa membuat panel layar kamu menjadi lebih berumur panjang.

    Redupkan Layar Smartphone

    Layar smartphone menjadi salah satu penyebab baterai cepat habis, tetapi kau dapat dengan mudah mengatasi hal itu, baik secara otomatis atau manual. Kamu bisa meredupkan layar smartphone ketika digunakan.

    Dengan hal itu, penggunaan baterai smartphone pasti akan lebih sedikit. Selain itu juga berguna untuk menjaga mata anda dari radiasi cahaya layar smartphone.

    Hentikan Widget Smartphone

    Widget akan sangat membantu penggunanya dalam sehari-harinya, tetapi mereka juga dapat menguras sumber daya baterai smartphone kamu. Apalagi widget yang terhubung internet  seperti media sosial, surat, cuaca. Widget tersebut terus-menerus akan bekerja sehingga menguras baterai kamu. Jadi kamu cukup gunakan widget yang benar-benar diperlukan saja demi masa pakai baterai kamu.

    Nonaktifkan Mode Getar

    Pemakaian mode getar ternyata berefek ada daya tahan baterai. Saat kamu membuka layar smartphone, biasanya akan muncul efek getarnya. Meski sekilas sepele, namun hal itu harus kamu perhatikan. Smartphone kamu memerlukan energi yang cukup besar untuk menggerakan getaran.

    Menghemat Daya Di Seluruh Sistem

    Biasanya dalam sebuah smartphone, memiliki sistem penghemat baterai untuk semua aplikasinya. Jika sistem ini tersedia, segera aktifkan agar daya tahan baterai smartphone kamu menjadi lebih lama. Hal ini juga membuat aplikasi yang tidak digunakan tidak menguras baterai secara berlebihan.

    Demikian mengenai tips dan trik menghemat baterai smartphone agar tahan lama. Penggunaan smartphone harus benar-benar diperhatikan dan pastikan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini