Iklan

Mengenal Lebih Dalam Jenis Media Sosial dan Fungsinya

The Cadaz
25/04/2020, 18:20 WIB Last Updated 2020-04-25T11:20:35Z
Mengenal Lebih Dalam Jenis Media Sosial

Seperti yang sudah sering kita ketahui media sosial online termasuk dalam golongan media yang popularitasnya semakin menanjak. Bukan hanya dari sisi pengguna saja, tetapi juga dari sisi bisnis atau sering digunakan sebagai platform pendukung untuk kegiatan marketing. Kali ini kita akan mengenal lebih dekat tentang jenis media sosial dan fungsinya.

Jenis Media Sosial dan Fungsinya
Media sosial pada dasarnya adalah sebuah layanan daring atau online yang memungkinkan penggunanya ikut berpartisipasi untuk mengomentari serta menyebarkan berbagai macam konten di dalam berbagai format. Mulai dari teks, audio, gambar atau video. Jenis media sosial dan fungsinya ada banyak sekali. Apa saja itu? Cari tahu semuanya disini.

Social Network atau Layanan Jejaring Sosial
   
Ini merupakan jenis layanan yang fokus dalam terbangunnya jejaring diantara penggunanya. Agar bisa saling berbagi pesan foto informasi atau video. Model relasi antar pengguna yang lumrah yang berupa pertemanan dengan cara saling atau connect misalnya facebook dan linkedin.

Sementara itu untuk pemasaran, jejaring sosial dapat dipakai sebagai konten channel yang didalamnya memuat bentuk informasi dari brand tersebut. Mulai dari penawaran promosi, konten edukasi, informasi event, sampai membuka topik diskusi dengan pengguna lain di channel ini.

Media Sharing
   
Bila anda sering menonton youtube atau mendengarkan soundcloud, maka kedua aplikasi ini tergolong ke dalam jenis layanan berbagai media atau media sharing. Fokus utamanya adalah untuk berbagi konten media seperti audio, foto atau video. Contoh lainnya adalah flickr dan instagram.

Para pemasar dapat menggunakan jenis ini untuk membagikan konten yang kuat secara visual seperti kegiatan brand, foto produk, hingga konten seperti infografik ataupun video.

Layanan Blog
   
Secara ringkas, blog dapat dipahami sebagai jurnal pribadi di internet untuk berbagi pandangan atau catatan penggunanya mengenai berbagai hal. Penggunanya lazim disebut sebagai blogger atau narablog, contohnya adalah blogger dan wordpress.

Untuk kebutuhan pemasaran jenis media sosial dan fungsinya ini dapat dipakai di dalam kegiatan content marketing. Seperti bussines blogging yang mengedukasi sasaran pasar mengenai topik tertentu. Atau keunggulan produk dan jasa yang ditawarkan atau bisa juga untuk memperkuat SEO atau relasi brand dengan mengusung topik tertentu.
Komentar

Tampilkan

Terkini