• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tips Aman Melakukan Transaksi Online Banking

    The Cadaz
    26/04/2020, 09:04 WIB Last Updated 2020-04-26T02:04:34Z
    skrip iklan
    skrip iklan disini
    Tips aman melakukan transaksi online banking

    Di era modern saat ini, semua hal bisa dilakukan dengan mudah, canggih dan cepat termasuk melakukan transaksi perbankan. Pada masa modern saat ini, transaksi online banking hampir dilakukan banyak orang, baik itu menggunakan internet banking ataupun mobile banking yang bisa diakses melalui smartphone, tablet maupun perangkat komputer atau PC.

    Namun dibalik kecanggihan itu, terdapat pula kekuranganya yaitu masalah keamanan. Saat kita sedang melakukan transaksi online banking, data kita bisa saja dimata matai oleh pihak lain jika kita lengah. Untuk itu, kali ini the cadaz akan memberikan tips aman melakukan online banking.

    Sekilas Tentang Online Banking Dan Cara Aman Melakukan Transaksi Online Banking
    Online banking adalah suatu akses yang digunakan oleh nasabah bank dalam melakukan aktivitas perbankan secara online menggunakan perangkat telepon seluler, tablet ataupun komputer. Kelebihan melakukan transaksi menggunakan online banking yaitu dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa harus pergi ke atm apalagi datang ke bank.
    Berikut cara aman melakukan transaksi online banking.

    1. Langsung Ketik Url Bank Anda Pada Address Bar

    Saat akan melakukan login menggunakan internet banking, ketiklah secara langsung url bank anda dengan benar. Jangan sekali kali anda login internet banking dengan meng klik sebuah link dari halaman web tertentu di internet ataupun melalui email yang dikirim oleh pihak lain yang ber isi link atau tautan.

    Mengapa demikian? Itu karena terkadang link yang bertebaran pada dunia maya adalah link pishing atau tipuan yang akan mengalihkan anda pada halaman bank palsu untuk kemudian merekam aktivitas dan mencuri data bank anda. Jadi supaya aman, ketiklah langsung secara manual url layanan internet banking bank anda masing masing.

    2. Jangan Menggunakan Wifi Publik Atau Wifi Ditempat Umum

    Jangan coba coba melakukan transaksi online banking menggunakan wifi ditempat publik apalagi wifi yang gratisan. Perlu anda ketahui bahwa jaringan wifi adalah sebuah jaringan dimana perangkat anda akan terlebih dahulu  terhubung ke server wifi atau akses point penyedia layanan wifi tersebut sebelum dilanjutkan ke server tujuan anda.

    Jadi jika penyedia wifi tersebut punya niat jahat atau bahkan sengaja menyediakan wifi gratis untuk menipu, maka bisa saja aktivitas dan data perangkat anda akan direkam oleh orang tersebut. Jadi lebih aman nya gunakan jaringan pribadi anda atau untuk menambah keamananan, gunakanlah vpn yang anda setting sendiri. Bukan vpn aplikasi gratisan loh yah.

    3. Gunakan Perangkat Pribadi

    Apapun perangkatnya baik itu smartphone, tablet ataupun komputer, gunakanlah perangkat anda sendiri saat melakukan transaksi online banking. Walau kepepet seperti apapun jangan coba coba mengakses perbankan menggunakan perangkat milik orang lain apalagi komputer di warnet. Itu karena saat kita melakukan aktifitas pasti akan meninggalkan data cache ataupun histori dan data lainya pada perangkat yang telah kita gunakan.

    Walaupun kita telah log out pada perangkat tersebut, namun bisa saja perangkat yang kita gunakan telah ter install program jahat yang dapat mencuri data kita dan merekam aktifitas online kita. Perlu anda waspadai bahwa saat ini program jahat seperti spyware ataupun virus mata mata lainya sangat banyak bertaburan.

    4. Selalu Log Out Atau Sign Out Saat Selesai Bertransaksi

    Nah ini yang biasanya sering dilakukan oleh kebanyakan orang setelah selesai melakukan aktivitas online banking. Kadang mereka tidak melakukan log out mentang mentang menggunakan perangkat pribadi. Memang fitur online banking sudah menyediakan fitur log out secara otomatis setelah beberapa menit tidak ada aktifitas pada halaman tersebut.

    Namun alangkah baiknya kita selalu melakukan log out untuk menghindari hal hal diluar dugaan seperti kecopetan atau perampokan.
    Bayangkan jika anda dirampok dan kunci hp anda menggunakan sidik jari, bisa saja perampok tersebut menempelkan jari anda untuk membuka perangkat saat anda tidak sadarkan diri.

    5. Pastikan Perangkat Lunak Anda Ter Update Dan Bebas Dari Virus

    Kemudian yang terakhir adalah pastikan perangkat anda sudah ter update ke versi OS yang terbaru. Jika ada notifikasi pembaruan perangkat lunak dari penyedia gadget anda, segeralah lakukan update dan jangan menunda nunda. Karena update perangkat lunak adalah perbaikan kesalahan dan juga keamanan yang ada di dalam sistem gadget. Jangan lupa juga untuk memasang anti virus khususnya bagi pengguna komputer.

    Nah demikian ulasan kali ini tentang tips aman melakukan transaksi online banking. Semoga dapat menambah wawasan untuk anda agar selalu terhindar dari tindak kejahatan saat melakukan transaksi keuangan anda menggunakan layanan online banking.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini