Iklan

Cara Aman Transaksi Di mesin ATM Agar Terhindar Dari Tindak Kriminal

The Cadaz
26/04/2020, 09:07 WIB Last Updated 2020-06-24T15:38:15Z
Hampir semua transaksi keuangan yang di lakukan orang pada zaman sekarang menggunakan mesin yang bernama automatic Teller Machine (ATM). Dengan kemudahan mesin ATM yang tersebar dimana mana, tentu tindak kejahatan juga semakin banyak mengincar celah keamanan yang berada di dalam transaksi jenis ini.

Oleh karena itu, kamu sebagai pemakai mesin ATM harus berhati hati dalam melakukan transaksi. Untuk menambah wawasan tentang transaksi di mesin ATM, berikut tips agar kamu terhindar dari tindakan kriminal yang tentunya akan sangat merugikan.

cara aman transaksi di mesin atm


1. Lihat Kondisi Mesin ATM


Yang utama saat akan melakukan transaksi apapun di sebuah ATM ialah melihat kondisi mesin ATM tersebut mulai dari tombol, lobang untuk memasukan kartu hingga benda benda aksesoris kecil di sekitar mesin pun harus benar benar diawasi khususnya jika letak mesin ATM berada di daerah yang sepi.

Mengapa demikian? Itu karena pada saat ini sangat banyak kasus dimana kartu atm dapat dicuri datanya melalui alat kecil yang bisa dipasang melalui lobang masuk kartu di mesin ATM. Kartu yang telah dicuri data nya bisa dibuat menjadi kartu duplikat dan digunakan untuk mencuri uang pemilik kartu aslinya.

2. Jangan Biarkan Orang Lain Membantu Jika Kartu ATM Tertelan


Apabila kartu ATM kamu tertelan di dalam mesin, tolak tawaran dari orang yang ingin membantu kamu. Karena pada jaman sekarang orang yang ingin membantu kamu saat transaksi di ATM merupakan sebuah modus baru untuk melakukan kejahatan. Selain itu, bank juga tidak menganjurkan kamu dibantu oleh orang lain jika terdapat masalah saat melakukan transaksi melalui ATM.

Jika Kartu kamu tertelan, lebih baik kamu menelpon call center bank masing masing untuk segera melakukan pemblokiran kartu. Jangan juga melakukan telepon pada nomor yang tertera di mesin ATM karena terkadang ada oknum yang tidak bertanggung jawab mengganti nomor tersebut untuk melakukan penipuan.

3. Selalu Gunakan Mesin ATM Yang Terletak Ditempat Rame


Mesin ATM yang terletak di daerah sepi biasanya menjadi target pemasangan alat-alat kejahatan di mesin tersebut untuk melakukan pencurian data seperti kamera kecil untuk mencuri password. Selain kamera, alat pencuri password juga bisa diletakan di bawah papan tombol dan tempat tempat lain yang memungkinkan dapat mencuri data pengguna di mesin ATM

Oleh karena itu, sebisa mungkin gunakanlah mesin ATM yang berada ditempat rame seperti didalam toko, disamping post security, didepan bank atau ditempat lain yang selalu ada orang beraktivitas selama 24 jam.
Komentar

Tampilkan

Terkini