Iklan

6 Kesalahan Dalam Menggunakan HP Android yang Harus Dihindari

The Cadaz
25/04/2020, 11:00 WIB Last Updated 2020-04-28T13:38:59Z
Kesalahan menggunakan hp android

Saat ini, smartphone adalah perangkat yang sangat membantu dalam kegiatan sehari-hari, baik untuk menjalin komunikasi, mencari informasi, melakukan jual beli dan lain sebagainya.

Sayangnya, pengguna smartphone masih sering melakukan banyak kesalahan yang membuat ponsel pintar ini cepat rusak, baik kerusakan ringan maupun yang menyebabkan smartphone mati.

Kesalahan dalam menggunakan HP Android yang harus dihindari sejak pertama pemakaian. Apa sajakah kesalahan-kesalahan tersebut? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Tidak Menggunakan Case

Zaman sekarang, sudah ada begitu banyak kreasi case lucu dan cantik yang bisa kamu gunakan pada ponsel kesayanganmu. Akan tetapi entah mengapa masih saja ada pengguna smartphone yang memilih untuk tidak menggunakan case.

Padahal case sangat bermanfaat untuk melindungi ponsel kamu ketika jatuh. Terlebih lagi untuk smartphone yang memiliki body licin tentu akan sangat berbahaya jika tidak disertai dengan case.

Tapi ingat, sebaiknya case yang digunakan bukan softcase karena kemungkinan besar soft case tidak akan memberikan perlindungan secara maksimal.

2. Tidak Menggunakan Anti Gores

Jika Anda menggunakan flagship terbaru yang dibandrol dengan harga selangit, biasanya sudah dibekali dengan pelindung layar. Meski begitu, tak ada salah mencoba jika kamu menginginkan penggunaan anti gores tambahan.

Selain melindungi ponsel dari goresan benda tajam, lapisan pelindung layar ini juga akan membuat LCD lebih terjaga terutama apabila jatuh dan terbentur. Biasanya bagian yang paling rentah pecah adalah layar LCD ponsel, namun jika kamu menggunakan anti gores biasanya yang pecah hanya bagian anti gores saja, sementara LCDnya masih aman.

3. Menggunakan Charging Lain

Setiap produk tentunya sudah di bekali dengan charging masing-masing yang sudah sesuai standart dimana setiap charging sudah disesuaikan dengan fitur ponsel. Namun kesalahan dalam menggunakan HP Android yang harus dihindari ini sering kali diabaikan. Dimana pengguna ponsel kerap kali menggunakan charger milik ponsel lain.

Sebut saja smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur fast charging namun memaksakan untuk menggunakan port USB Type C. selain proses pengisian yang jauh lebih lama, ponsel juga akan cepat panas. Jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu panjang, tentu sangat berpotensi merusak smartphone.

Selain menghindari penggunaan charger milik ponsel lain, sebaiknya juga hindari charger KW, karena biasanya standar yang ditetapkan jauh di bawah charger bawaan.

4. Sering Menggunakan Power Bank

Bukan hanya dilarang menggunakan charger milik ponsel lain, kamu juga sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan power bank. Dengan kata lain, power bank sebaiknya dilakukan saat genting saja, semisal ketika traveling.

Ponsel yang terlalu sering di-charge menggunakan power bank akan lebih mudah panas. Yakin tidak takut smartphone kesayangan kamu meledak hanya karena terlalu sering menggunakan power bank?

5. Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi

Kesalahan dalam menggunakan HP Android yang harus dihindari yang ternyata kerap dilakukan pengguna smartphone adalah terlalu banyak menginstal aplikasi. Mungkin hal ini tidak terlalu bermasalah jika ponsel yang kamu miliki memiliki kapasitas ROM yang memadai. Tapi bagaimana dengan ponsel yang memiliki ROM terbatas?

Terlebih lagi jika smartphone sudah mulai terasa lelet, bisa jadi karena kapasitas ROMnya hampir habis termakan oleh banyaknya aplikasi yang Anda install. Untuk itu sebaiknya minimalisir aplikasi yang tidak digunakan. Jika tidak ingin menghapusnya, kamu bisa mendisable aplikasi yang jarang digunakan.

6. Tidak Menggunakan Memori Eksternal

Sebagian besar ponsel masa kini sudah dilengkapi dengan slot memori eksternal berkapasitas besar. Nah jika kamu sering menyimpan file dalam jumlah besar di ponsel, sebaiknya jangan lengah untuk memasang memori eksternal.

Memori internal yang selalu penuh oleh file-file di dalam ponsel juga bisa menjadi penyebab ponsel terasa lelet. Bahkan jika memungkinkan, Anda bisa memindahkan beberapa aplikasi ke memori eksternal menggunakan App2SD. Namun belum semua aplikasi dilengkapi dengan fitur tersebut, sehingga tak semuanya bisa dipindahkan ke memori eksternal.

Ya itulah beberapa kesalahan dalam menggunakan HP Android yang harus dihindari dan kabar buruknya masih sangat sering dilakukan oleh para pengguna smartphone. Kesalahan sepele lain yang mungkin sering dilakukan adalah menggunakan ponsel terlalu lama dengan tingkat kecerahan layar tinggi. Hal ini akan membuat ponsel lebih cepat panas.

Selain itu menggunakan ponsel yang sedang di-charging juga sebuah kesalahan fatal yang dapat merusak atau mengurangi daya pakai baterai
Komentar

Tampilkan

Terkini