Iklan

Mengatasi Baterai Boros Dan Panas Pada HP Android

The Cadaz
25/04/2020, 11:04 WIB Last Updated 2020-04-25T04:04:43Z
Atasi baterai boros dan panas di hp android

Bisa dikatakan jika baterai yang boros dan suhu baterai yang terlalu tinggi adalah masalah yang umum terjadi pada HP Android. Ya, masalah ini cukup sering terjadi dan tentu saja akan mengganggu operasional HP Android. Karena baterai yang boros, tentu membuat penggunaan HP Android tersebut tidak akan maksimal dan seringkali berujung rasa kesal.

Perlu di ketahui bahwa ada beberapa penyebab dari baterai HP Android yang cenderung boros dan mudah panas. Kondisi baterai yang sudah buruk menjadi hal yang cukup sering menjadi biang masalah ini.

Selain itu, penggunaan HP Android yang terlalu lama, terutama untuk memainkan game HD yang berat juga menjadi sebab. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi masalah HP Android yang satu ini?

Beberapa Cara Mengatasi Baterai Boros dan Cepat Panas Pada HP Android

Ada cukup banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk mengatasi masalah baterai yang boros tersebut. Beberapa cara yang cukup mudah untuk dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengecek Kondisi Baterai

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi baterai. Ya, ini adalah hal yang sangat penting karena kondisi baterai-lah yang akan berpengaruh pada kenapa baterai boros atau cepat panas saat digunakan.

Nah, saat ini, ada cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi baterai HP Android yang kamu miliki. Salah satunya adalah Antutu. Instal aplikasi ini lalu lakukan pengecekan. Jika hasil pengecekan dengan aplikasi kurang maksimal, maka bawa HP Android kamu ke tempat servis untuk pengecekan yang lebih lanjut.

2. Hapus Aplikasi yang Memenuhi RAM

RAM atau Random Access Memory adalah salah satu bagian yang paling penting untuk HP Android. Memory ini akan mengatur running dari aplikasi. Nah, salah satu alasan kenapa baterai HP Android boros dan cepat panas adalah space RAM yang cenderung penuh disebabkan oleh aplikasi yang berjalan.

Dalam hal ini, kamu sebaiknya melakukan pengecekan terkait aplikasi apa saja yang kamu instal di dalam perangkat HP Android tersebut. Nah, jika ada beberapa aplikasi yang cenderung membuat RAM Hp kamu cepat penuh dan memberatkan kinerja HP tersebut, sebaiknya kamu hapus saja terutama jika kamu tidak terlalu dibutuhkan nya.

3. Hindari Mengoperasikan HP Android Saat Pengisian Daya

Mengoperasikan HP Android saat pengisian daya menjadi problem bagi banyak pengguna HP Android saat ini. Seolah, mereka tidak bisa melepaskan tangan mereka dari HP Android meskipun device tersebut sedang diisi daya. Tentu, efek dari pengoperasian ini –terutama secara terus menerus, adalah HP Android yang akan cenderung cepat panas dan baterai menjadi lebih boros.

Kenapa HP Android lebih boros saat digunakan sambil mengisi daya? Adanya ketidakstabilan arus yang masuk dari listrik dan yang keluar karena digunakan untuk operasional HP Android menjadi sebab. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu menunggu baterai tersebut penuh dan baru menggunakan HP Android seperti biasa.

4. Gunakan Sim-Card yang Tepat

Salah satu sebab dari HP Android yang cepat panas dan baterai cenderung boros adalah sim-card yang kurang sesuai dengan tempat tinggal. Kamu perlu tahu jika pencarian sinyal membutuhkan daya baterai. Jika sinyal mudah ditemukan, tentu saja baterai akan cenderung lebih stabil.

Namun, sebaliknya, jika sim-card yang digunakan cenderung memiliki keterbatasan jaringan, maka baterai HP Android bisa jadi akan cenderung lebih boros dan HP akan cenderung lebih cepat panas. Nah, solusinya, pilih sim-card yang tepat yang memiliki jangkauan jaringan yang luas.

5. Kurangi Widget

Memasang widget menjadi hal yang cukup sering dilakukan oleh pengguna HP Android. Alasannya adalah widget memberikan informasi yang cukup menarik dan kemudahan dalam memanfaatkan layanan. Namun, penggunaan widget ini juga berhubungan dengan kondisi HP Android yang cepat panas.

Terlalu banyak widget membuat baterai HP Android menjadi lebih boros. Tentu, kamu boleh saja memasang widget. Namun, pastikan jika jumlahnya tidak terlalu banyak.

Beberapa poin di atas bisa menjadi solusi dari masalah baterai pada HP Android yang boros dan cenderung cepat panas. Terapkan beberapa tips di atas dengan saksama sehingga masalah baterai HP Android ini tidak menjalar dan merusak bagian lainnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini