Iklan

Cara Optimalkan SEO Video YouTube Agar Banyak Penonton

The Cadaz
26/04/2020, 12:50 WIB Last Updated 2020-08-19T14:38:04Z
Apakah channel YouTube milik Anda sudah optimal sesuai standar SEO? Bagi para YouTubers pastinya menginginkan video miliknya mudah di temukan di pencarian YouTube. Apabila video Anda mudah ditemukan di beranda YouTube, maka jumlah pengunjung yang melihat video Anda akan semakin banyak.

cara optimalkan seo video youtube


Lebih lagi bila YouTube Anda sudah di kaitkan dengan google adsense, pastinya pundi-pundi uang akan selalu mengalir untuk Anda. Akan tetapi, untuk membuat video YouTube Anda mudah di temukan terdapat beberapa hal yang harus di lakukan. Berikut adalah beberapa cara optimasi SEO Youtube yang dapat Anda pelajari.

Namun jika anda belum mengerti arti dari SEO, anda dapat lebih dulu membaca Tentang Apa Itu SEO Pada Dunia Internet

Cara Membuat SEO Pada Video Youtube

Membuat seo pada video youtube sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan, anda cuma cukup membuat video yang berkualitas, beri nama video, berikan judul yang menarik, membuat foto sampul, gunakan tag, sisipkan kata kunci. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.

1. Kualitas Video

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah membuat video yang akan anda upload dengan kualitas sebaik mungkin. Pastikan video yang anda upload ke YouTube bisa berinteraksi dengan penonton. Maksudnya, usahakan video anda dapat di lihat dengan jelas dan mudah di pahami oleh pengunjung yang melihatnya.

Sistem SEO YouTube akan lebih memilih konten yang benar-benar berkualitas untuk di tampilkan di halaman teratas pada pencarian. Agar penonton bisa berinteraksi dengan video anda, buatlah video dengan jelas apa arti dari video tersebut dan usahakan suara panduan pada video tersebut sinkron dan mudah dicerna oleh penonton.

2. Beri Nama Pada Video Sebelum Diupload

Setelah pembuatan video selesai, sebelum di upload baiknya anda memberi nama pada file video tersebut terlebih dahulu. Berikan nama yang mengandung keyword agar lebih maksimal di pencarian youtube nanti. Misal pada youtube anda akan memberi judul "Cara membuat martabak simpel". Maka sebelum di upload anda beri nama dulu file videonya seperti berikut "cara-membuat-martabak-mudah". Pisahkan dengan menggunakan tanda strip pada setiap kata seperti contoh.

3. Judul Menarik

Tips yang kedua ialah membuat judul yang menarik, dengan adanya judul yang menarik dapat membuat orang lain penasaran untuk meng klik video yang Anda upload ke Youtube. Dengan begitu, YouTube Anda akan lebih mudah di temukan dan dapat menghasilkan banyak pengunjung.

Buatlah judul yang menarik dan membuat orang penasaran untuk membuka video anda. Walaupun menarik namun berikan judul yang relevan sesuai dengan isi video. Jangan membuat judul yang menipu, hal ini justru akan menurunkan seo video anda di mesin pencari.

Sebab pastinya orang akan langsung kabur saat melihat video yang tidak di inginkan atau tak sesuai dengan judul bahkan mereka akan melakukan dislike pada video anda. Semakin banyak orang yang kabur dan memberikan dislike maka peringkat video anda akan menurun pada hasil pencarian.

Dampaknya, jika ada orang yang mencari atau mengetikan kata kunci yang berkaitan dengan judul video anda, maka video anda akan di tampilkan di list paling bawah.

4. Thumbnail Menarik

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah membuat thumbnail yang menarik. Orang-orang akan lebih senang melihat tampilan video YouTube yang terlihat jelas dan menarik di bandingkan video yang tidak ada thumbnail nya. Dengan menambahkan thumbnail dapat membuat video Anda lebih mudah untuk dicari.

Thumbnail ini juga sama seperti judul, jangan sampai anda membuat foto sampul yang menipu pengunjung karena ini juga akan berdampak buruk pada seo video anda bahkan parahnya jika ini dilaporkan, maka video atau channel anda akan mendapat sangsi dari pihak youtube.

5. Kata Kunci

Untuk penempatan kata kunci, Anda bisa melakukannya di bagian judul dan juga pada bagian deskripsi video. Kata kunci dapat membuat video YouTube Anda lebih mudah dicari oleh pengunjung. Penempatan kata kunci pada judul dibuat sesingkat mungkin, alangkah baiknya untuk menggunakan 1 kata kunci saja, misal “tips membuat roti tawar”.

Sementara untuk kata kunci deskripsi, di dalamnya bisa menempelkan lebih dari satu kata kunci. Taruhlah kata kunci di awal paragraf, tengah dan juga akhir pada deskripsi video anda. Hal itu akan lebih efektif supaya video Anda lebih mudah dicrawler oleh sistem pencarian youtube dan juga oleh pengunjung.

6. Kasih Tag Video

Jangan lupa juga untuk memberikan tag pada video YouTube yang Anda buat. Tag yang di tulis harus berkaitan dengan video yang Anda buat. Misalkan Anda membuat konten tentang video sholawat, Anda bisa menambahkan tag seperti “sholawat, pecinta sholawat, lagu sholawat terbaru dan lain-lain”.

7. Share ke Media Sosial

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan ialah mengeshare video YouTube Anda ke media sosial. Banyak sekali jenis media sosial yang bisa Anda manfaatkan seperti WA, Instagram, Facebook dan lain-lain. Namun ingat, pastikan Anda harus membagikan video Anda ke tempat yang benar.

Namun harus anda perhatikan, jangan sampai trafik video anda lebih banyak yang berasal dari medsos dibandingkan dari mesin pencarian. Sebab jika trafik channel anda masih rendah maka ini biasanya akan menimbulkan trafik tidak falid dan berbahaya untuk channel yang sudah dimonetisasi.

8. Rutin Mengupload Video

Biasanya orang-orang yang membuat konten YouTube akan mudah malas ketika belum menghasilkan uang. Baru mengupload hanya beberapa video saja, mereka sudah malas untuk tidak mengupload video lagi. Hal inilah yang menjadi konten YouTube Anda tidak dapat berkembang.

YouTube memiliki waktu jangka panjang supaya bisa menghasilkan uang. Untuk itu, Anda harus benar-benar rutin mengupload video yang Anda buat. Terus buatlah konten-konten yang berkualitas dan jangan sampai Anda malas untuk membuatnya. Bila sudah saatnya, video Anda akan dapat di monetisasi dan menghasilkan uang.

9. Menyertakan Kartu End Screen Pada Akhir video

Kemudian untuk yang terakhir, sertakan kartu end screen di akhir pemutaran video anda. Perlu anda ketahui fitur layar akhir ini sangat bermanfaat untuk menunjang seo seluruh video di channel anda. Sebab fitur ini dapat mengaitkan antara video yang satu dengan video lainya di channel yang anda miliki.

Kartu layar akhir ini juga bisa mempromosikan video anda yang sudah lama terupload agar tidak tertimbun oleh video-video yang lebih baru anda upload.

Baca Juga : Cara Aktifkan Kartu Layar Akhir Atau End Screen Pada Video Youtube

Itulah beberapa cara optimalkan SEO YouTube video Anda. Bila beberapa tips di atas sudah Anda lakukan, maka konten yang Anda buat akan lebih mudah di temukan oleh pengunjung. Pundi-pundi uang pastinya siap Anda tampung bila berhasil nantinya.
Komentar

Tampilkan

Terkini