• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Optimalkan Kinerja Laptop Jadul Dengan Spek Pas Pasan

    The Cadaz
    24/04/2020, 20:07 WIB Last Updated 2020-04-28T13:22:45Z
    skrip iklan
    skrip iklan disini
    Cara percepat kinerja laptop jadul

    Laptop jadul maupun baru dengan spesifikasi pas pasan tentu kinerjanya tidak segahar laptop kelas atas. Sebab OS dan aplikasi jaman sekarang memakan terlalu banyak sumber daya pada perangkat itu sendiri. Untuk menanggulangi hal tersebut maka artikel ini akan menjelaskan tentang tata cara agar laptop jadul tersebut tidak lemot saat di operasikan.



    Beberapa Cara Untuk Mempercepat Laptop Agar Tidek Lemot Yaitu:

    1. Jangan Jalankan Program Atau Aplikasi Bersamaan Terlalu Banyak


    Pertama agar kinerja laptop atau komputer kamu maksimal adalah jangan jalankan program secara bersamaan terlalu banyak. Mungkin jika spek laptop kamu gahar tidaklah masalah, namun bagi yang spesifikasi nya pas-pasan tentu ini akan menghambat kerja sistem laptop tersebut apalagi jika perangkat kamu jadul atau keluaran lama.

    Oleh karena itu, cukup jalankan program seperlunya saja. Jika akan membuka program atau aplikasi lain, tutuplah terlebih dahulu salah satu program yang sedang berjalan.

    2. Selalu Bersihkan Cache Dan File Sampah


    Cache merupakan file yang tersimpan didalam memori untuk menyempurnakan sebuah program agar lebih cepat saat dibuka, namun dibalik semua itu, akan membuat komputer yang memiliki spek kelas bawah terbebani dan berdampak melemahnya kinerja dari komputer tersebut.

    Untuk mengatasinya, hapuslah cache dan file sampah secara berkala agar kinerjanya powerful. Untuk membersihkan nya, kamu bisa gunakan aplikasi ccleaner atau sejenisnya secara gratis.

    Baca Juga: Keunggulan dan Kelemahan Jenis-Jenis Laptop

    3. Kosongkan Recycle Bin Secara Teratur


    Didalam recycle bin adalah file-file sampah yang tersimpan setelah kamu menghapus sebuah file ataupun folder pada komputer. File didalam recycle bin juga bersifat sementara. Jika kamu membiarkan nya, maka lama kelamaan file ini akan meakan banyak ruang pada hardisk laptop kamu.

    Jadi sangat diwajibkan kamu menghapus file yang terdapat didalamnya. Agar tidak ada file sampah pada recycle bin, kamu bisa menggunakan kombinasi sebuah tombol saat menghapus file dikomputer. Cara nya yaitu tekan CTRL + Delete, maka file yang kamu hapus tidak akan masuk recycle bin.

    Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Processor Pada Komputer

    4. Jangan Lakukan Update Pada Aplikasi Atau Software


    Gunakan software dengan versi lama dan jangan kamu update aplikasi tersebut. Semisal kamu menggunakan microsoft office 2007, maka jangan kamu upgrade menjadi seri office 2013 atau ke versi yang lebih tinggi.

    Itu karena, aplikasi jaman sekarang akan lebih banyak memakan sumber daya terutama tempat penyimpanan dan RAM.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini