• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Mengenal Jenis-Jenis Processor Pada Komputer

    The Cadaz
    26/04/2020, 11:43 WIB Last Updated 2023-12-07T16:46:34Z

    Processor merupakan salah satu komponen paling penting yang ada pada sebuah perangkat komputer. Processor bisa di ibaratkan sebagai otak dari komputer yang berfungsi untuk mengontrol dan mengatur semua sistem data di dalamnya. Processor bekerja sesuai dengan perintah yang ada pada komputer. Namun processor tidak bekerja sendirian, ada komponen-komponen lainnya juga seperti motherboard, rondom access memory (RAM) dan lain-lain.

    Processor pada komputer juga dapat diganti dengan processor jenis lainnya, yang terpenting socket pada processornya sama. Apabila socket tidak sesuai, maka processor yang dipasang tidak dapat terhubung ke komputer. Processor juga memiliki daya dan kecepatan masing-masing sesuai dengan jenis processor yang ada. Beberapa jenis processor yang dapat anda ketahui seperti berikut.

    1. Processor INTEL


    Processor INTEL memegang peran krusial dalam ranah komputasi, menjadi pilihan utama bagi pengguna yang menginginkan performa tinggi. Didirikan oleh Intel Corporation pada 1968 di Amerika Serikat, INTEL terus menorehkan prestasi dengan berbagai jenis processor unggulan. Dari legendaris Intel Pentium hingga inovatifnya Intel Core 2 Quad (2006) dan Intel Core i7, setiap produk mencerminkan dedikasi perusahaan terhadap teknologi canggih.

    Ketangguhan INTEL terlihat dalam evolusinya, menjadikannya ikon dalam industri processor. Intel Pentium Processor, sebagai perintis komputasi pribadi, serta Intel Pentium D (2005) yang meningkatkan daya komputasi, semuanya menyumbang dalam menghadirkan pengalaman komputasi superior. Dan tentu saja, Intel Core i7 telah menetapkan standar baru dalam kinerja.

    Dengan inovasi terus-menerus, INTEL mempertahankan dominasinya sebagai pemimpin industri. Pilihan ini tidak hanya berfokus pada kehandalan, tetapi juga menandakan komitmen INTEL untuk memajukan teknologi processor. Dari masa lalu hingga masa kini, INTEL terus menjadi arsitek perubahan positif dalam dunia komputasi, mendorong perkembangan industri ke tingkat baru.

    2. Processor AMD


    Processor AMD merupakan suatu perangkat yang didirikan oleh perusahaan semikonduktor yang bertempat di California, Amerika Serikat. Perusahaan yang satu ini merupakan salah satu perusahaan kedua terbesar setelah INTEl untuk urusan mikroprocessor dalam ranah global.

    Sampai saat ini Processor AMD terus mengalami perkembangan, bahkan pada tahun 2007 berhasil menempati peringkat 11 dari segi pendapatan. Beberapa jenis Processo AMD seperti Opteron, AMD FX, APU Z Series, dan masih banyak yang lainnya.

    3. Processor Apple


    Mendengar kata Apple sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang jaman sekarang. Apple merupakan salah satu brand paling terkenal di dunia saat ini. Sperti yang diketahui, Apple Inc. merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yang berpusat di Silicon Valley, California.

    Beragam jenis produk elektronik telah dikembangkan oleh perusahaan Apple. Apple telah meluncurkan berbagai macam jenis processor seperti Apple I, Apple II, Apple DOS, Aple Pascal, dan masih banyak yang lainnya.

    4. Processor IBM


    IBM merupakan kepanjangan dari International Business Machines Corporation. IBM ini adalah salah satu perusahaan terbesar yang ada di Amerika Serikat yang bertempat di Armonk, New Work.

    Perusahaan yang satu ini bergerak di bidang elektronik serta berbagai macap perangkat keras maupun perangkat lunak lainnya pada komputer. Beberapa jenis processor IBM diantaranya seperti IBM 2008, IBM Power 4, IBM Power 5 dan lain-lain.

    5. Processor IDT


    IDT merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang elektronik yang berdiri tahun 1980. IDT didirikan di San Jose, Callifornia, Amerika Serikat. Processor IDT ini dikenal dengan namanya yaitu Winchip yang diperkenalkan pada tahun 1997. Perusahaan ini memiliki ruang lebih kecil bila dibandingkan dengan perusahaan processor lainnya.

    6. Processor Cyrix ViA


    Jenis processor yang selanjutnya ialah Processor Cyrix Via, Cyrik merupakan salah satu perusahaan yang didirikan pada tahun 1998 oleh Richardson, Texas. Perusahaan ini resmi bergabung pada tahun 1997 dengan National Semiconductor. Setelah dua tahun kemudian, perusahaan Cyrix dieksekusi oleh VIA. Beberapa jenis processor cyrix Via diantaranya seperti Cyrix FasMath, 5x86, Media GX, dan lain-lain.

    Demikian beberapa informasi mengenai jenis-jenis processor yang ada pada komputer. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya, terima kasih.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini