• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Cek Kondisi Hp Saat Beli Bekas Dengan Tepat Dan Benar

    The Cadaz
    24/04/2020, 22:24 WIB Last Updated 2020-06-08T06:20:35Z
    skrip iklan
    skrip iklan disini
    Cara cek kondisi hp bekas

    Pada saat kita akan membeli sebuah hp bekas, maka kita harus benar benar jeli dalam melakukan pengecekan perangkat hp tersebut. Jika tidak, maka kita bisa salah dalam membeli nya, semisal perangkat yang kita beli adalah hp rusak. Maka dari itu saat akan membeli hp bekas tersebut, telitilah dengan teliti bagian-bagian dari smartphone yang hendak kamu beli.

    Cara Melakukan Check kondisi Smartphone Bekas


    1. Memeriksa Semua kondisi Jaringan


    Jaringan merupakan hal terpenting pada perangkat smartphone, sebab tanpa jaringan sebuah perangkat hp tidak akan bisa untuk digunakan komunikasi baik itu telepon, sms ataupun menyambung ke internet sebagai aktivitas online. Untuk melakukan cek jaringan di hp, pasanglah kartu sim pada perangkat tersebut.

    Setelah dipasang, coba kamu perhatikan apakah semua indikator jaringan pada gadget tersebut normal atau tidak. Lakukan cek pada jaringan GSM dan jaringan datanya dengan cara melakukan panggilan, mengirim sms dan mencoba untuk online atau menyambung ke internet.

    Jangan lupa untuk melakukan cek pada slot sim dua jika hp yang kamu beli adalah jenis dual sim. Masukan kartu sim pada slot ke dua dan lakukan pengecekan sama persis seperti di atas.

    2. Check Suara Pada Hp tersebut


    Yang kedua pengetesan yang harus dilakukan adalah suara, cobalah semua komponen suara yang ada pada gadget tersebut. Ada tiga jenis suara yang harus dilakukan pengecekan yaitu loudspeaker, mikrofon masuk dan mikrofon keluar, cek lah satu persatu pada bagian tersebut.

    Untuk cek suara pada loudspeaker coba kamu putar musik atau video, disitu kamu akan mengetahui apakah suaranya masih bagus atau tidak ada sama sekali. Kemudian untuk tes suara mikrofon keluar, coba kamu gunakan hp tersebut untuk menelepon apakah penerima telepon dapat mendengar suaramu, jika tidak mendengarnya berarti suara speaker keluar hp tersebut telah rusak.

    Lalu pengecekan suara yang ketiga yaitu suara mikrofon masuk, untuk mengetesnya, coba lakukan panggilan pada salah satu teman kamu dan suruh teman mu untuk menerima telepon. Coba dengarkan apakah suara teman kamu bisa didengar? Jika tidak bisa di dengar itu berarti telah terjadi masalah pada komponen mikrofon masuk.

    3. Periksa keadaan Kamera


    Pengecekan selanjut nya adalah kamera, bagian ini juga tidak kalah penting keberadaan nya pada sebuah smartphone. Buka lah kamera pada hp tersebut dan coba tutup lensa kamera tersebut menggunakan tangan secara rapat, kemudian amati apakah ada sebuah bintik-bintik atau warna lainya saat lensa kamera ditutup? Jika iya, berarti lensa tersebut sudah bermasalah.

    Kemudian cobalah untuk melakukan foto ataupun merekam video apakah masih normal dan bisa mengambil gambar dengan lancar. Setelah mengambil foto, coba amati fotonya apakah masih normal atau tidak.

    Lakukan juga pengecekan seperti cara diatas pada kamera depan agar kamu tidak menyesal jika hp yang kamu beli ternyata sudah ada kekurangan nya atau tidak sesuai yang kamu inginkan.

    4. Periksa Kondisi Baterai


    Untuk cara check kondisi baterai pada perangkat smartphone, silakan kamu buka casing belakang jika hp tersebut bukan model baterai tanam. Setelah dibuka, coba amati apakah kondisi fisik dari baterai tersebut sudah mengembung? Jika kondisinya mengembung maka itu pertanda baterai tersebut sudah tidak normal.

    Cara lain untuk cek kondisi baterai pada smartphone yaitu dengan cara menggunakan perangkat tersebut selama 10-15 menit. Coba amati apakah ada pengurangan drastis pada indikator baterai nya dan apakah suhu baterai tersebut menjadi panas? Jika salah satu itu terjadi juga menandakan bahwa baterai tersebut sudah tidak normal lagi.

    5. Periksa Semua Tombol Yang Ada


    Cek juga semua tombol yang ada pada hp bekas yang hendak kamu beli apakah masih bisa digunakan sebagaimana mestinya. Tombol-tombol tersebut meliputi tombol power, tombol volume up, tombol volume down, tombol home dan tombol yang lainya jika tersedia.

    Periksalah dengan cara memencet tombol tersebut satu demi satu dan lihatlah apakah semua masih normal atau ada yang tidak berfungsi.

    6. Periksa Semua Konektifitas Wireles


    Fitur wireles juga harus kamu cek agar jangan sampai terlewat, Sebab konektivitas ini juga terkadang sangat penting untuk penggunaan sehari-hari. Konektivitas tersebut meliputi wifi, bluetooth, hotspot seluler, GPS, NFC dan yang lainya jika ada.

    Untuk memeriksanya, kamu bisa mencobanya satu demi satu. Misal untuk meng cek bluetooth, kamu bisa coba mengirimkan file atau menerima file menggunakan bluetooth. Untuk cek GPS kamu bisa mengaktifkan nya lalu buka google maps, jika di peta menunjukan posisi mu ngawur, berarti GPS nya sudah tidak berfungsi.

    7. Check Semua Sensor Yang Terdapat Di Hp Tersebut


    Jangan Lupa juga kamu harus check sensor-sensor yang tersedia di perangkat tersebut seperti sensor jarak, sensor gyro, sensor rotasi dan sensor lainya. Biasanya semakin mahal sebuah hp, makin lengkap juga sensor yang disediakan. Jadi jangan sampai terlewat.

    Untuk cek sensor jarak, kamu bisa gunakan untuk melakukan telepon, dan saat panggilan berlangsung silakan kamu dekatkan tanganmu ke area kamera depan pada hp tersebut, Sensor yang masih normal maka layar langsung otomatis mati jika ada benda yang mendekat di sekitar kamera depan.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini