• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Cara Benar Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Lemot

    The Cadaz
    24/04/2020, 22:21 WIB Last Updated 2020-04-24T15:21:19Z
    skrip iklan
    skrip iklan disini
    Cara merawat laptop agar awet

    Merawat sebuah laptop merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan. Sebab tanpa perawatan secara berkala, maka perangkat kita akan cepat rusak dan tentunya tidak akan panjang umur. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui teknik dalam perawaran sebuah laptop yang benar.

    Berikut Adalah Cara Perawaran Laptop Simpel Agar Awet


    1. Membersihkan Bodi Laptop


    Yang pertama harus rutin kita rawat adalah kebersihan bodi dari laptop itu sendiri. Bodi disini antara lain yaitu casing, layar, keyboard, webcam, dan port port yang ada. Kamu diwajibkan membersihkan nya setiap selesai menggunakan nya jika ingin laptop kamu tahan lama.

    Tips ini memang kelihatan sepele, namun ini sangat berpengaruh dalam jangka panjang. Penggunaan laptop yang sudah lama pasti akan ada kendala terutama pada bagian port dan keyboard yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya akibat kotoran yang menumpuk.

    2. Hindari OS Ataupun Software Bajakan


    Software bajakan merupakan software yang biasanya kita install secara ilegal. Software ini memang bisa kamu nikmati secara gratis, namun software atau aplikasi bajakan sudah pasti akan mengundang virus yang akan menjangkiti dan merusak laptop yang kamu miliki

    jadi sebisa mungkin gunakanlah software yang original baik itu OS windows nya maupun semua aplikasi yang terinstall di dalamnya. Jika perlu, gunakan anti virus untuk melindungi serangan virus yang dapat merusak laptop kesayanganmu.

    3. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama Tanpa Alat Pendingin Tambahan


    Perlu kamu ketahui laptop bukanlah jenis komputer yang sekuat desktop atau komputer meja. Maka dari itu kamu harus bijak dalam menggunakanya dan selalu pantau suhu dari laptop yang kamu gunakan. Jika suhunya tinggi, segera istirahatkan laptopmu dengan mematikan nya lalu gunakan lagi beberapa saat kemudian.

    Jika dirasa perlu, gunakanlah kipas pendingin agar suhunya selalu stabil. Harga kipas pendingin juga murah jika dibandingkan biaya servis apabila laptop kamu rusak akibat overheat.

    4. Matikan Laptop Dengan Cara Sesuai Prosedur


    Terkadang, tidak sedikit orang menyepelekan prosedur mematikan sebuah laptop. Sebenarnya ini sangat berpengaruh pada keawetan komponen hard drive pada laptop itu. Jangan kamu mematikan laptop dengan cara menekan tombol power hingga laptop mati. Mengapa? Sebab, hal tersebut akan membuat sistem dan hardware khususnya hard drive dan processor akan kehilngan daya mendadak.

    Maka dari itu, matikanlah laptop kamu sesuai prosedur, yaitu dengan cara membuka tombol start kemudian meng klik shut down atau cara lain dengan menekan tombol power dan setelah muncul menu, pilih shut down.

    5. Jangan Biarkan Kondisi  Laptop Bergoyang Atau Bergetar


    Jika perangkat yang kamu miliki masih menggunakan penyimpanan dengan tipe hardisk, jagalah laptop kamu dari goyangan atau getaran terlalu sering. Sebab hal tersebut akan merusak piringan pada hard drive tersebut yang berdampak laptop akan mati karena tidak memiliki penyimpanan atau memori

    Contoh hal yang harus dihindari untuk meminimalisir hal itu adalah jangan berlari saat menggendong laptop menggunakan tas atau jangan terlalu sering mencantolkan laptop pada sepeda motor saat jalan karena itu akan membuat laptop bergetar terlalu lama.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini