Iklan

Mau Bisnis Cetak Undangan? Ini Cara Awal Yang Harus Disiapkan

The Cadaz
24/04/2020, 19:57 WIB Last Updated 2020-10-27T04:10:25Z
Syarat untuk membuka usaha cetak undangan

Bisnis percetakan undangan adalah sebuah usaha yang terbilang cukup lumayan untuk mendapat keuntungan yang menjanjikan. Selain itu, bisnis cetak undangan juga bisa dilakukan sebagai kerja sampingan agar mendapatkan penghasilan tambahan selain dari hasil kerja pokok. Sebab, mencetak undangan bisa dilakukan didalam rumah tanpa harus membuka sebuah lapak atau toko.

Nah bagi anda yang ingin memulai bisnis percetakan sebuah undangan, berikut ini merupakan hal hal dan persyaratan yang harus dipersiapkan sebelum memulainya.

1. Siapkan Katalog Undangan


Katalog blangko undangan untuk usaha percetakan

Tahap pertama yaitu mengumpulkan atau menyiapkan sebuah katalog. Apa itu katalog undangan? Katalog adalah sekumpulan sample atau contoh undangan dari beberapa jenis dan model. Siapkanlah minimal 10 contoh undangan sebagai permulaan.

Anda dapat mencari contoh-contoh undangan ini di toko atau tempat yang menjual blangko undangan di kota anda. Jika kesulitan mendapatkan contoh undangan untuk dijadikan katalog, anda dapat membelinya secara online di situs market place seperti shoppe, tokopedia ataupun lazada.

2. Menyiapkan Sebuah Printer Atau Mesin Cetak


Printer untuk memulai bisnis cetak undangan
Source: pixabay.com

Printer ini hukumnya wajib bagi anda yang ingin membuka usaha percetakan sebuah undangan. Sebab tanpa mesin ini anda tidak dapat mencetak sebuah kertas undangan tentunya. Jadi sebisa mungkin harus mengadakan mesin cetak ini agar usaha anda bisa berjalan.

Untuk permulaan, membeli printer bekas menjadi solusi untuk sekedar mencoba bisnis ini. Harga printer bekas berkisar antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah. Untuk rekomendasinya, baiknya anda membeli printer dengan merk epson, mengapa? Karena printer merk ini sudah terbukti kuat dan paling banyak dipakai oleh pengusaha cetak undangan.

3. Menyiapkan Komputer Atau Laptop


Komputer atau laptop sebagai syarat untuk usaha cetak undangan

Sama seperti printer diatas, komputer ataupun laptop juga wajib diadakan pada usaha jenis ini. Sebab dalam melakukan desain undangan atau dalam melakukan pengetikan, anda akan membutuhkan sebuah komputer. Untuk memangkas harga, baiknya anda membeli komputer atau laptop bekas terlebih dahulu sebagai percobaan usaha ini. Namun jika dana anda mencukupi, lebih baik beli yang baru.

Untuk harga laptop bekas yang dapat diandalkan dalam melakukan usaha percetakan ini harganya sekitar 1,5 juta sampai 3 juta. Namun direkomendasikan jangan membeli jenis laptop, belilah komputer jenis desktop atau komputer meja. Selain harganya yang lebih terjangkau dari pada laptop, komputer desktop ini juga lebih kuat ketahananya.

4. Menyiapkan Pemasaran Atau Promosi


Cara Melakukan promosi jasa cetak undangan

Agar usaha cetak anda dapat diketahui oleh orang yang tentunya ingin menggunakan jasa cetak undangan anda, tentu anda harus memasarkan atau mengenalkan jasa anda kepada orang orang disekitar. Sebab jika tidak ada orang yang tahu tentang bisnis anda, maka tidak ada orang yang akan mengorder jasa cetak undangan yang anda jalani.

Anda dapat mengenalkan jasa anda mulai dari tetangga atau menaruh katalog undangan yang sudah anda miliki di tempat yang banyak di datangi orang misalnya di warung atau toko. Anda juga bisa memasarkanya melalui internet secara online menggunakan media sosial seperti facebook, instagram ataupun twitter.

5. Sempurnakan Yang Sudah berjalan



Setelah usaha anda berjalan, kini tinggal menyempurnakan apa yang belum lengkap. Misal jika printer kurang karena mungkin orderan anda banyak maka anda bisa menambah jumlah printer. Seiring berjalan anda juga bisa mengasah kemampuan anda dalam melakukan editing pada setiap jenis blangko undangan.

Perbanyaklah katalog undangan yang anda miliki jika diperlukan. Tetap utamakan kualitas karena tiap konsumen pasti memberikan umpan balik yang baik jika kualitas jasa anda rapi dan profesionl.



Komentar

Tampilkan

Terkini