Iklan

Tentang apa itu spyware dan dampaknya untuk komputer anda

The Cadaz
25/04/2020, 20:34 WIB Last Updated 2020-06-26T15:22:44Z

Saat komputer anda tersambung dengan internet, maka anda berpelunang dimata-matai jika anda lengah. Pernahkah anda memikirkan hal itu? Ada suatu jenis program jahat yang kehadirannya sering tidak anda sadari dan masuk ke komputer anda, yaitu spyware. Lantas apakah spyware itu dan bagaimana cara kerjanya?

Spyware termasuk golongan virus komputer. Namun virus ini tidak diciptakan untuk merusak, melainkan virus ini dirancang untuk mengawasi, merekam aktifitas pengguna komputer dan mengirimkan data ke komputer lain tanpa sepengetahuan anda. Jadi spyware adalah suatu program jahat pada komputer yang terinfeksi dan dia mampu merekam aktifitas anda saat menggunakan komputer termasuk mencuri data-data pribadi seperti password, dokumen penting, akun perbankan dan lain-lain yang kemudian saat komputer anda terhubung ke jaringan atau internet, maka data tersebut akan dikirimkan ke komputer lain atau komputer si pembuat spyware tersebut untuk tujuan tertentu.

Spyware masuk ke PC anda tanpa disadari dan dapat mengganggu stabilitas system. Jika anda kerap menggunakan komputer untuk mengunjungi situs-situs aneh seperti situs prn0, atau anda sering menginstall aplikasi dari sumber tak di kenal, maka waspadalah Spyware dapat masuk ke PC anda melalui halaman web ataupun aplikasi tersebut. Ketika anda mengklik link, bukan tidak mungkin anda juga telah menginstalasi spyware. Selain itu, spyware juga dapat menginfeksi sistem ketika anda membuka attachment e-mail spam.

Perlu anda ketahui virus ini dapat membuat dan mengetahui celah sekuriti pada system tekhnologi informasi yang memungkinkan penyusup memata-matai, mencuri informasi, bahkan mengambil alih sistem komputer atau jaringan anda. Parahnya, sebagian besar user komputer tidaklah menyadari kalau komputernya telah dimasuki spyware.

Maka jika komputer anda sering digunakan untuk online, alangkah baiknya anda menginstall anti virus di perangkat anda. Namun, install lah anti virus yang sudah teruji seperti avast!, norton, kaspersky dan lain-lain. Kemudian jangan lupa untuk selalu meng uptate devinisinya secara realtime.
Komentar

Tampilkan

Terkini