• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tips Dan Trik Menjaga Keamanan Anak Di Media Sosial

    The Cadaz
    26/04/2020, 08:58 WIB Last Updated 2020-06-26T15:17:00Z
    skrip iklan
    skrip iklan disini
    Lindungi anak dari hp

    Saat ini, banyak anak-anak yang sudah berani menggunakan media sosial. Namun mereka tidak mengetahui ada efek negatif yang bisa ditimbulkan. Oleh karena itu, para orang tua wajib mengetahui tips dan trik menjaga keamanan anak di media sosial.

    Berbagai informasi bisa ditemukan di media sosial, sangat dikhawatirkan jika informasi yang tidak sesuai diterima oleh anak-anak dan akan berakibat fatal nantinya. Berbagai efek negatif juga dapat ditimbulkan dengan adanya media sosial seperti, cyberbullying, oversharing, dan intimidasi dari orang lain. Ini jelas menjadi masalah yang serius bagi para orang tua. Jika demikian, Simak tips dan trik dari the cadaz cara menjaga keamanan anak pada media sosial di bawah ini.

    Mendidik diri sendiri tentang media sosial

    Sebagai orang tua seharusnya bisa meluangkan waktu sejenak untuk mempelajari berbagai media sosial yang digunakan anak-anak mereka. Mempelajari mengenai media sosial akan memberikan pemahaman yang baik tentang bagaimana layanan tersebut bekerja. Dengan hal itu, orang tua bisa mendidik anak-anaknya perihat penggunaan media sosial tersebut.

    Di zaman era teknologi modern saat ini, memang sudah menjadi hal wajib bagi anda untuk memahami perkembangan teknologi yang kian canggih. Setidaknya anda harus bisa mengimbangi, jangan sampai anda kalah dengan anak anda tentang masalah pengetahuan tersebut. Anda bisa belajar menggunakan media internet agar anda mengetahui perkembangan terbaru.

    Beri Tau Batasan Usia

    Jika saat ini Anda tidak mengizinkan anak-anak anda menggunakan media sosial, itu ide yang baik. Sebagai orang tua, juga harus memberi tahu batasan usia pengguna media sosial, sehingga anak paham kapan mereka boleh menggunakan layanan itu. Saat ini, kebanyakan media sosial mengharuskan penggunanya berumur 13 tahun ke atas.

    Namun ketika baru awal menggunakan, orang tua harus memantau penggunaannya. Pantaulah mereka dengan aplikasi yang tersinkron ke hp atau komputer anda agar anda dapat memantau aktifitas online yang dilakukanya saat anda tidak sedang berada disampingnya. Namun, akan lebih baik jika anda memantaunya secara langsung dan rutin setiap harinya.

    Bicarakan Dengan Anak-Anak Anda Tentang Bahaya Dan Konsekuensi Dari Media Sosial

    Banyak anak-anak tidak menyadari konsekuensi yang datang setelah menggunakan media sosial. Mereka cenderung meremehkan dan tidak mengetahui bahwa banyak orang akan mengetahui aktivitas online mereka. Kita sebagai orang tua harus memberikan pemahaman mengenani bahaya dan konsekuensinya dalam menggunakan media sosial.

    Dengan berbicara kepada mereka tentang dampak media sosial, mereka kemungkinan besar akan berpikir dua kali sebelum memposting foto atau berbagi lokasi mereka dengan orang lain secara online. Selain itu, mereka juga lambat laun akan memahami sisi positif dan negatif tentang penggunaan layanan online tersebut.

    Letakkan Komputer Di Area Yang Bisa Diawasi

    Peran orangtua dalam mengawasi anak-anaknya ketika menggunakan media sosial sangat diperlukan. Salah satu caranya dengan meletakkan komputer di area yang bisa diawasi atau terpantau, seperti di dekat ruang keluarga atau di ruang kerja bersama agar anda selalu dapat memantaunya.

    Dengan hal itu, segala aktivitas anak di media sosial bisa diketahui. Anak-anak cenderung akan melakukan hal yang tidak pantas ketika mereka tidak ada yang mengawasi. Seperti mengunjungi situs dew@sa dan mengakses konten-konten negatif lainya menggunakan browser.

    Buat Aturan Khusus Untuk Anak

    Membuat aturan adalah cara yang bagus untuk membuat anak melakukan hal positif di media sosial. Salah satunya seperti membatasi waktu anak dalam menggunakan media sosial, misalnya satu jam perhari. Anda juga dapat meluangkan waktu khusus untuk menggunakan media sosial bersama anak, dan mengajarinya tentang cara penggunaan yang baik.

    Selain itu, anda juga bisa mengalihkan perhatian mereka seperti memberikan hiburan positif lainya agar anak anda tidak selalunya terfokus nongkrong didepan layar. Aturlah waktu sebaik mungkin untuk anak anda dengan catatan tidak terlalu menekan mereka untuk berkembang.

    Periksa Pengaturan Privasi Anak Anda Secara Teratur

    Anda harus memperhatikan pengaturan privasi akun media sosial anak setiap saat. Pada dasarnya, setiap media sosial memiliki sistem pengaturan privasinya sendiri. Pengguna bisa menyesuaikan pengaturan yang di inginkan. Sebagai orang tua harus benar-benar memastikan hal ini dilakukan dengan baik. Bukan apa, ini demi keamanan anak-anak saat menggunakan media sosial.

    Itulah penjelasan mengenai tips dan trik menjaga menjaga keamanan anak di media sosial. Jangan sampai hal ini disepelekan orang tua, karena keamanan anak menjadi prioritas utama. Setiap media sosial sudah memiliki standar keamanan yang teuji, tinggal bagaimana pengguna menggunakan media sosial.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini