• Jelajahi

    Copyright © THE CADAZ
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Membuat Sub Domain Dari Google Domain Pada Bloger

    The Cadaz
    26/04/2020, 09:13 WIB Last Updated 2020-04-26T02:13:57Z
    skrip iklan
    skrip iklan disini
    Cara membuat sub domain

    Seperti yang kita tahu, sub domain merupakan nama turunan yang menumpang pada domain utama yang kita miliki. Keuntungan membuat sub domain adalah kita tidak perlu membeli domain dengan jumlah banyak jika akan membuat blog atau web lagi. Kelebihan lainya juga terletak pada niche, maksudnya jika kita ingin membuat blog dengan niche yang berbeda, maka kita cukup memisahkanya dengan sub domain tersebut tanpa harus membeli nam domain baru.

    Cara membuat sub domain ini juga berbeda-beda tergantung pada penyedia layanan domain atau registrar yang bersangkutan . Walau berbeda, namun intinya tetap sama yaitu kita hanya cukup mengaturnya pada setingan DNS.

    Cara Membuat Sub Domain Dari Layanan Google Domain


    Nah, kali ini the cadaz akan mengulas cara membuat sub domain untuk bloger dari registrar google domain. Sampai artikel ini anda temukan, saya anggap para pembaca sudah mempunyai domain yang telah dibeli dari layanan google domain.

    1. Login Ke Blogger


    Yang pertama harus anda lakukan untuk membuat sub domain adalah anda buat dulu atau siapkan blog baru kemudian silakan login seperti biasa. Setelah login, lalu masuk ke pengaturan blogger.

    2. Menyiapkan Domain Pihak Ketiga


    Setelah masuk ke pengaturan, Selanjutnya silahkan klik siapkan domain pihak ketiga. Kemudian anda tulis sub domain yang anda inginkan. Sebagai contoh jika anda punya domain www.thecadaz.com, dan anda ingin membuat sub domain tekno, maka ketiklah nama tekno.thecadaz.com pada kolom yang tersedia.

    Lihat gambar dibawah ini

    Membuat sub domain dari google domain

    3. Copy Dua Kode Unik Yang Tertera


    Setelah anda membuat nama, selanjutnya klik simpan. Disini akan ada pesan eror, namun tidak perlu panik dan jangan keluar dari halaman ini. Yang harus anda lakukan disini adalah mencatat atau copy kedua kode unik yang muncul seperti ditunjukan gambar dibawah.

    Membuat sub domain dari google domain

    4. Login Ke Google Domain


    Setelah itu, silahkan buka tab baru pada browser anda dan login ke google domain seperti biasa. Setelah login, silahkan masuk ke pengaturan DNS seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini.

    Membuat sub domain dari google domain

    5. Paste Dua Kode Unik Yang Telah Di dapatkan


    Pada pengaturan DNS, silahkan anda cari "Custom Resource Record"
    Kemudian paste kode unik pertama pada masing-masing kotak yang telah tersedia.

    Untuk nama, isilah dengan nama sub domain anda. Kemudian untuk type, isilah atau ganti menjadi CNAME. Kemudian TTL nya set saja ke default atau kosongkan. Dan yang terahir untuk data, isilah atau paste kode unik yang telah anda dapatkan di point ke 3 lalu klik add. Lihat gambar.

    Membuat sub domain dari google domain

    Setelah kode unik yang pertama anda add, lalu lakukan lagi langkah diatas dengan memasukan kode unik yang kedua seperti gambar dibawah ini.

    Membuat sub domain dari google domain

    Setelah berhasil memasukan dua kode unik tersebut, kini anda sudah mempunyai dua CNAME pada custom resource record. Nah disini yang selanjutnya harus di lakukan adalah menunggu sampai pengaturan ini diterapkan pada server. Pengaturan ini akan memakan waktu maximal 72 jam. Namun pengalaman yang saya coba, pengaturan ini sudah aktif dalam satu jam. Yah, intinya disini anda harus menunggu selama beberapa jam.

    6. Kembali Ke Halaman Blogger


    Nah setelah anda menunggu beberapa saat, sekarang kembalilah pada halaman blogger sebelumnya. Dan sekarang simpanlah domain pihak ketiga yang telah dibuat, dijamin tidak akan ada lagi pesan eror.

    Agar domain utama anda tidak dialihkan ke sub domain yang telah di buat, maka jangan centang kotak alihkan seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini.

    Membuat sub domain dari google domain

    Itulah tata cara dalam membuat sub domain bagi anda yang menggunakan penyedia layanan melalui google domain. Cukup mudah kan? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

    Apa Kelebihan Menggunakan Sub Domain?


    Yang perlu anda tahu adalah dengan menggunakan sub domain, akan ada banyak sekali kelebihan dan manfaatnya untuk anda para webmaster.

    1. Gratis Tanpa Harus Membeli Domain Baru Lagi


    Jadi dengan membuat sub domain, maka anda akan bisa membuat blog atau situs baru tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli domain baru. Anda cukup mengaitkan situs baru dengan menggunakan sub domain yang telah dibuat.

    Menariknya, situs anda yang menggunakan sub domain juga bisa dimonetisasi menggunakan google adsense. Ini sangat disarankan bagi yang ingin punya banyak situs untuk dimonetisasi adsense.

    2. Lebih Seo Untuk Niche Situs Anda


    Kelebihan yang kedua adalah anda bisa membuat niche situs yang lebih seo dengan satu kategori. Perlu diketahui bahwa situs web yang membahas satu kategori, maka akan lebih SEO pada pencarian google.

    Banyak situs web besar yang menggunakan metode seperti ini untuk meningkatkan kualitas di mesin pencari. Contoh saja situs kompas, jika anda membuka tab teknologi pada situs tersebut ,maka anda akan melihat di adreess bar url situs itu akan berubah menjadi sub domain yang ber alamat di tekno.kompas.com

    Kompas tekno yang ber url tekno.kompas.com sebenarnya diletakan pada situs web yang terpisah dengan domain utamanya yaitu kompas.com. hal ini dilakukan untuk membuat web yang niche pada mesin pencari seperti google karena kompas tekno membahas satu kategori saja yaitu teknologi.

    3. Mudah Dalam Proses Aktifasi Atau Pembuatanya


    Kemudian sub domain ini tergolong sangat mudah dibuat. Anda hanya cukup membuat record CNAME baru pada pengaturan DNS di penyedia layanan domain anda seperti contoh diatas

    Dengan anda mempunyai satu domain saja, maka dapat dengan mudah membuat banyak sub domain untuk digunakan pada situs anda yang lain dan sekali lagi ini gratis tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini