Iklan

Cara Tepat Merawat Printer Epson Seri L Agar Tahan Lama

The Cadaz
25/04/2020, 10:07 WIB Last Updated 2020-04-25T03:07:32Z
Cara merawat printer epson seri L agar awet
Source: pixabay.com
Printer merupakan peralatan yang harus dirawat dengan teratur supaya kinerjanya tetap optimal dan tentunya menjadi awet termasuk printer epson dengan seri L. Printer epson seri ini banyak digunakan untuk cetak foto dan juga undangan sehingga printer ini akan bekerja keras dalam mencetak beribu ribu undangan pada setiap harinya.

Jika anda menggunakan printer jenis ini, berikut cara merawat printer epson seri L dengan benar

1. Selalu Gunakan Tinta Yang Direkomendasikan


Peran penggunaan tinta merupakan salah satu faktor untuk menjamin kualitas printer itu sendiri. maka dari itu, sangat disarankan agar anda selalu menggunakan tinta yang direkomendasikan oleh epson itu sendiri. Menggunakan tinta diluar ketentuan akan berakibat fatal untuk printer tersebut.

dengan memakai tinta original, anda juga akan mendapatkan hasil cetak yang maksimal. memang harga tinta yang original harganya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan tinta diluar produk, namun harga tersebut akan menentukan umur pakai dari printer tersebut.

2. Jangan Gunakan Secara Terus Menerus Tanpa Henti


Secanggih apapun atau sekuat apapun sebuah alat, pasti tidak akan tahan jika digunakan tanpa istirahat, begitu pula dengan printer ini. Istirahat disini maksudnya ialah jangan memaksa printer untuk mencetak dengan skala ribuan secara continue.

Misal anda mencetak undangan dengan jumlah 2000 lembar, maka cetaklah per 50 lembar lalu istirahatkan printer selama 5 hingga 10 menit lemudian baru mulai lagi melanjutkan penyetakan dan begitu seterusnya.

3. Selalu Melakukan Pembersihan Head (clean head)


Selanjutnya adalah lakukan clean head secara teratur. Ini bertujuan agar kepala atau head tinta tidak mampet karena penggunaan printer yang terlalu sering. Namun anda tidak perlu melakukanya terlalu sering, cukup lakukan ini selama 2 minggu sekali saja.

Kemudian jika printer jarang dipakai, selalu gunakan printer untuk melakukan pencetakan minimal 1 kali dalam seminggu cukup 1 lembar kertas dan usahakan mencetak dengan semua warna atau warna warni. Metode ini juga termasuk untuk menjaga head printer agar tudak mampet.

4. Lakukan Perawatan Cartrid


Untuk melakukan nya, silakan anda membuat lingkaran pada microsoft word. Buatlah lingkaran berjumlah 4 dan Warnai lingkaran tersebut dengan warna yang berbeda misalnya kuning, hitam, biru dan merah. Kemudian cetak lingkaran tersebut dengan resolusi tertinggi.

Ini juga merupakan suatu cara untuk cek cartrid apakah masih normal dan bisa mencetak warna yang sesuai atau tidak. Lakukan cara ini antara 2 hingga 3 bulan.

5. Selalu Cek Volume Tinta Pada Printer


Kemudian, jangan biarkan tinta dalam kondisi hampir habis atau minimal, selalu isi tinta jika anda lihat pada tanki sudah hampir habis. Ini untuk menjaga agar cartride jangan sampai rusak karena minimnya tinta yang keluar pada saat melakukan pencetakan.

Nah itulah beberapa cara perawatan agar printer epson anda selalu dalam kondisi prima dan tentunya menjadi panjang umur dalam pemakaian nya.
Komentar

Tampilkan

Terkini