Iklan

Cara Membuat Martabak Manis Lezat dan Cantik

The Cadaz
26/04/2020, 08:17 WIB Last Updated 2020-06-24T15:50:19Z
Martabak adalah salah satu jenis makanan yang banyak disukai karena memiliki cita rasa yang nikmat dan bentuknya yang unik. Salah satu martabak yang disukai yaitu martabak manis. Di Indonesia ini memiliki banyak sebutan untuk martabak manis.

Di Jakarta dan Bandung, ada yang menyebutnya martabak manis dan asin. Dan di Semarang jenis martabak ini disebut dengan kue Bandung. Dan di berbagai wilayah lainnya ada juga yang menjuluki kue ini dengan sebutan kue terang bulan. Nah, cara membuat martabak manis ini ternyata cukup mudah.

Resep dan cara membuat martabak manis


Cara Membuat Martabak Manis Lezat

Pada saat ingin menyantap martabak manis, anda tidak harus membelinya di berbagai toko untuk mendapatkan cita rasa lezat seperti yang anda inginkan. Sebab, anda bisa membuat kuliner ini sendiri di rumah dengan mudah. Bahkan, bahan-bahan yang dipakai untuk membuat adonannya pun juga mudah dijumpai.

Tak hanya lebih higienis, membuat martabak manis sendiri di rumah juga lebih sehat dan rasanya mungkin lebih enak karena bisa disesuaikan dengan selera. Andapun juga bisa menyesuaikan topping yang bermacam-macam sesuai dengan selera anda.

Bahan-bahan martabak manis :

  • tepung terigu protein sedang 250 gram
  • garam 2 sendok teh
  • 1 butir telur ukuran besar
  • susu kental manis putih 100 gram
  • 280 ml air
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • 2 sendok makan mentega, cairkan, lalu dinginkan
  • Gula pasir secukupnya yang akan digunakan untuk taburan
  • Keju parut sesuai selera untuk taburan

Cara Membuat Martabak Manis

Pertama, anda siapkan mangkuk, setelah itu campur seluruh bahan adonan, kecuali soda kue. Aduk sampai rata dengan memakai balloon whisk. Diamkan adonan selama 15 sampai dengan 30 menit. Kemudian, masukkan soda kue pada adonan dan aduk sampai rata.

Panaskan teflon dengan api yang berukuran kecil, setelah itu tuang adonan dan selanjutnya panggang dengan api sedang. Perhatikan api supaya tidak terlalu besar serta menjadikan adonan menjadi gosong. Apabila adonan tersebut setengah matang dan permukaannya mulai bergelembung, anda bisa menaburkan gula di atasnya. Masak kembali sampai matang.

Setelah matang, anda bisa angkat martabak dari teflon kemudian olesi dengan mentega dan taburi dengan topping sesuai dengan selera anda. Potong pada bagian tengah martabak, selanjutnya lipat menjadi dua bagian. Lalu sajikan dan nikmati.

Komentar

Tampilkan

Terkini