Iklan

Bagaimana Cara Agar Whatsapp Tidak Disadap? Ini Hal utama Yang Harus Dilakukan

The Cadaz
25/04/2020, 09:53 WIB Last Updated 2020-06-08T06:26:26Z
Cara amankan agar whatsapp tidak disadap
Source : pikabay.com
Untuk sebagian besar orang jaman sekarang, whatsapp merupakan aplikasi yang pasti tiap hari digunakan menjadi alat komunikasi utama pada smartphone mereka. Namun, belakangan beredar kabar bahwa banyak akun whatsapp telah disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bagi kamu yang khawatir akun nya disadap oleh orang, maka kamu bisa mengikuti tips dibawah ini agar akun WA kamu terhindar dari penyadapan.

Cara amankan akun whatsapp agar tidak disadap adalah sebagai berikut

1. Jangan Membuka Tautan Dari Kontak Tidak Dikenal


Yang pertama harus kamu waspadai yaitu jangan sekali kali meng klik tautan atau link dari kontak yang tidak kamu kenali ataupun kontak baru yang orangnya tidak kamu tahu. Sebab kasus penyadapan akun WA yang banyak terjadi adalah dari tautan link yang mengarah ke situs jahat. Oleh sebab itu, akun whatsapp kamu akan mudah dibobol jika terkoneksi ke situs yang disiapkan untuk melakukan penyadapan

Abaikan atau hapuslah pesan yang berisi sebuah tautan agar WA kamu aman, jika perlu pasanglah anti virus agar smartohone selalu terlindungi dari tautan tautan yang berbahaya. Mengapa anti virus? Karena biasanya sebuah piranti lunak anti virus akan selalu memindai setiap ada link yang masuk ke hp kamu.

2. Hati-Hati Berkirim Pesan Di Obrolan Grup


Obrolan pada sebuah grup whatsap juga perlu diwaspadai jika grup yang kamu ikuti adalah grup yang banyak orang kamu tidak kenali. Sebab, pada sebuah grup bisa saja ada orang yang ingin mencari informasi data tentang kehidupan atau aktivitasmu guna dijadikan untuk mempermudah penyadapan akun WA yang kamu miliki.

Rekomendasinya, jangan kamu mengirim chat tentang aktifitas sehari hari, hobi, apa lagi tanggal lahir. Sebab data tersebut bisa mereka gunakan untuk melakukan reset password atau penyadapan pada akun yang kamu miliki. Akan lebih baik lagi jika kamu menghindari atau keluar saja dari grup whatsapp yang tidak jelas.

3. Jangan Mmbuka Video Atau File Mencurigakan Di chat WA


Kemudian yang ketiga yaitu hati-hati dalam membuka video atau file apa saja yang formatnya mencurigakan. Sebab ada kasus dimana akun whatsapp disadap setelah membuka file video yang dikirim dari orang tidak dikenal. Selain video, ada juga file yang harus kamu hindari untuk di klik seperti gambar gif dan png ataupun gambar jenis stiker.

Intinya, jangan kamu mendownload atau memnuka file video yang dikirim secara misterius oleh nomor baru. Akan lebih baik lagi jika kamu melakukan pengaturan privasi agar nomor yang tak berada di hp tidak bisa mengirim chat WA ke HP mu.

4. Aktifkan Vsrifikasi Dua Langkah


Fitur ini merupakan keamanan tambahan yang disediakan oleh pihak whatsapp. Sebab fitur ini akan meminta 4 digit kode pin jika nomor yang kamu gunakan untuk wa digunakan ulang atau dipakai di hp lainya. Dengan begitu, walaupun si penyadap bisa log in ke akun WA kamu, dia tidak akan bisa masuk sebelum memasukan 4 digit kode pin tersebut

Untuk cara mengaktifkan fitur ini, silahkan kamu setting di setelan atau pengaturan pada aplikasi whatsapp. Pertama buka WA lalu kamu buka menu titik tiga yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih setelan > akun > verifikasi dua langkan dan selanjutnya silahkan buat pin baru dan simpan.

5. Hindari Menginstall Whatsapp+ (Plus)


Whatsapp plus merupakan sebuah aplikasi WA yang sudah dimodifikasi supaya tampilanya menjadi keren dan banyak tambahan fitur yang tidak disediakan oleh aplikasi whatsapp biasa. Dengan aplikasi Whatsapp+, kamu bisa mengganti warna, merubah font hingga melakukan pengiriman video tanpa batas ukuran.

Namun perlu kamu tahu, aplikasi ini bukanlah merupakan aplikasi resmi. Namun aplikasi ini ialah aplikasi whatsapp asli yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Whatsapp+ juga sering disebut dengan whatsapp mod. Jadi jika kamu menggunakan aplikasi ini, tidak menutup kemungkinan data kamu akan dicuri bahkan WA kamu bisa saja kena sadap.
Komentar

Tampilkan

Terkini