Iklan

Cara Simpel Agar Aman Menggunakan Mobile Banking

The Cadaz
25/04/2020, 10:44 WIB Last Updated 2020-06-08T06:27:08Z
Cara agar aman melakukan mobile banking

Mobile banking merupakan sebuah jenis transaksi online yang memudahkan pengguna nya dalam melakukan aktifitas perbankan. Dengan fasilitas yang dimiliki mobile banking, pengguna bisa melakukan transaksi transfer, cek saldo, mutasi rekening, belanja online, serta aktifitas perbankan lainya dan semua itu hanya dilakukan menggunakan sebuah smartphone. Tentu hal tersebut akan sangat memudah kan kita dalam melakukan transaksi perbankan kapanpun dan dimanapun.

Akan tetapi dibalik semua kemudahan tersebut, ada terdapat bahaya yang mengintai keamanan akun bank kita yang diantaranya dapat dimata-matai orang lain sehingga memungkinkan orang tersebut bisa mengambil alih kontrol terhadap akun banking yang kita miliki. Untuk itu, baiknya simak tips dibawah ini agar aktivitas mobile banking yang anda lakukan selalu aman. Ada beberapa poin cara untuk melakukan pengamanan terkait hal tersebut diantaranya yaitu

1. Unduh Aplikasi Mobile Banking Resmi Hanya Di play store

Mengunduh aplikasi mobile banking secara resmi pada toko aplikasi play store merupakan salah satu metode agar transaksi mobile banking anda aman. Sebab, jika anda melakukan download aplikasi di lain tempat, banyak kemungkinan aplikasi tersebut telah di modifikasi sedemikian rupa yang bertujuan untuk masuk akses mobile banking yang bersangkutan.

Oleh karena itu, hal tersebut harus benar benar anda pertimbangkan agar dalam melakukan aktivitas apapun pada mobile banking menjadi nyaman dan tentunya aman. Selain itu, pastikan selalu melakukan pembaruan jika tersedia untuk aplikasi mobile banking agar selalu ter update karena pembaruan merupakan perbaikan dari kekurangan yang dimiliki oleh suatu aplikasi

2. Gunakan Mobile Anti Virus Yang Terpercaya

Khusus untuk anda yang melakukan transaksi perbankan menggunakan smartphone, aplikasi anti virus merupakan tool yang wajib ada pada perangkat anda. Sebab, zaman sekarang para penjahat cyber sudah kian canggih dalam melakukan aksi kejahatan perbankan online termasuk mobile banking. Mereka bisa melakukan pishing ataupun metode lain yang bisa memata matai bahkan menembus sistem keamanan pada smartphone yang anda miliki.

Untuk itu, sangat diwajibkan para pengguna mobile banking memasang aplikasi ini agar perangkat yang anda gunakan untuk transaksi menjadi aman. Akan tetapi, gunakanlah anti virus yang terpercaya, sebab tak jarang anti virus yang berkualitas sangat buruk bertebaran di play store. Rekomendasi nya gunakan anti virus ternama seperti AVG, avast, norton ataupun avira.

3. Gunakan Jaringan Pribadi

Saat melakukan transaksi online menggunakan mobile banking, gunakanlah jaringan pribadi yang menggunakan paket data dari provider anda sendiri. Jika menggunakan wifi, gunakanlah wifi pribadi milik anda sendiri atau gunakan wifi yang terpercaya. Jangan pernah anda menggunakan wifi gratisan yang tersedia secara publik.

Jaringan wifi publik sangat tidak aman untuk melakukan transaksi perbankan. Mengapa? Sebab jika anda menggunakan jaringan wifi, koneksi anda tidak langsung tertuju pada server tujuan, melainkan harus melewati akses point wifi itu sendiri. Maka dari itu, aktivitas online anda akan sangat mudah di mata matai jika anda menggunakan jaringan wifi publik.

Nah itulah beberapa tips aman melakukan transaksi perbankan dengan mobile banking. Semoga bisa menambah pengetahuan anda dan terhindar dari tindak kejahatan perbankan secara online
Komentar

Tampilkan

Terkini