Iklan

Tips Simpan Foto Dan Video Aman Tanpa Takut Hilang Kemudian Hari

The Cadaz
25/04/2020, 11:43 WIB Last Updated 2020-04-25T04:43:03Z
Tips menyimpan foto dan video yang aman

Foto ataupun video merupakan sebuah file yang bagi kebanyakan orang sangatlah berharga. Bagi sebagian orang, Terkadang file tersebut juga merupakan sebuah kenangan yang tak ternilai harganya. Akan tetapi kita harus memperhatikan dengan apa dan dengan cara apa supaya foto maupun video tersebut dapat aman tanpa takut kehilangan di kemudian hari.

Terkadang file-file di atas bisa saja tiba-tiba lenyap begitu saja karena berbagai faktor, seperti smartphone hilang, rusak , terhapus virus dan banyak faktor lainya. Untuk itu, the cadaz akan memberikan sedikit tips tempat dan cara menyimpan foto dengan aman tanpa khawatir kehilangan pada kemudian hari.

1. Memanfaatkan Google Drive

Google drive merupakan sebuah aplikasi bawaan yang ada pada smartphone android keluaran sekarang. Dengan aplikasi ini, kita bisa menyimpan foto ataupun video dengan aman tanpa takut file kita hilang jika hal-hal yang tidak di inginkan terjadi di kemudian hari. Mengapa? Karena pada penyimpanan ini, semua file kita akan tersimpan pada server secara online.

Google drive memberikan kita tempat untuk menyimpan data sebesar 15 GB, dengan penyimpanan yang lumayan cukup besar itu, kita bisa menyimpan video dan foto kita dengan aman. Kamu tidak perlu khawatir jika ponsel kamu hilang atau rusak, jika kamu mengganti ponsel atau membeli ponsel baru, kamu tinggal login dengan akun google yang sama dengan ponsel sebelumnya, maka file kamu yang telah di simpan pada google drive sebelumnya akan otomatis ada pada ponsel kamu yang baru.

Namun perlu di perhatikan, kamu harus ingat alamat email dan juga sandi pada akun google kamu. Jika kamu lupa sandi, maka file yang telah kamu simpan pada google drive tidak akan bisa di akses.

2. Menyimpan Pada Flashdisk

Untuk cara yang kedua, simpanlah atau cadangkan foto dan video kamu pada flashdisk. Karena dengan cara ini, file yang kamu simpan akan terhindar dari resiko hilang karena kerusakan penyimpanan itu sendiri. Kamu bisa menyalin foto-foto kamu menggunakan fitur OTG yang sudah support pada kebanyakan ponsel keluaran sekarang. Gunakan flasdisk kamu dengan khusus untuk menyimpan file yang kamu anggap penting saja dan simpanlah flaskdisk pada tempat yang aman.

flasdisk kamu pasti akan awet karena tidak pernah kamu gunakan atau hanya digunakan pada saat akan menyimpan foto saja. Sebaliknya pada memori ponsel cenderung akan mempunyai resiko kerusakan yang lebih cepat dikarenakan kamu memakainya tiap hari. Itulah alasan nya tempat penyimpanan ini aman tanpa kamu harus khawatir akan kehilangan foto-foto kenangan kamu.

Untuk lebih aman nya, gantilah flashdisk kamu setiap 5 tahun sekali. Sebenarnya usia dari flasdisk itu sendiri mencapai puluhan tahun, namun alangkah baiknya kamu ganti setiap 5 tahun sekali. Dan jangan lupa sebelum mengganti flashdisk, salinlah datamu terlebih dahulu ke flashdisk yang baru tentunya.

3. Simpan Video Dan Foto Anda Pada Hardisk External

Sebenarnya, cara ini hampir sama dengan cara pada poin kedua di atas. Hanya saja, pada metode ini kita bisa mencadangkan foto ataupun video kita dengan ukuran yang sangat lega. Dengan begitu, kita bisa dengan leluasa menyimpan video yang terkadang ukuran nya sangat besar dan tentu Kita tidak akan merasa khawatir untuk menyimpan sebanyak banyaknya yang kita inginkan.

Untuk umur penggunaan dari perangkat hardisk ini juga tergolong sama seperti flasdisk di atas. Untuk penyimpanan yang lebih baik, tentunya kamu juga di sarankan untuk menggantinya secara berkala setiap 5 tahun sekali agar resiko kehilangan file yang di sebabkan oleh tempat penyimpanan yang rusak.
Komentar

Tampilkan

Terkini