Iklan

Cara Paling Tepat Atasi Kartu ATM Tertelan Ke Dalam Mesin

The Cadaz
24/04/2020, 20:41 WIB Last Updated 2020-04-25T03:17:52Z
Cara mengatasi kartu atm yang tertelan

Pada saat bertransaksi menggunakan mesin ATM, terkadang ada sebuah permasalahan yang terjadi salah satunya adalah kartu tertelan masuk kedalam mesin ATM. Itu terjadi kebanyakan karena faktor kita lupa dalam mengambil kartu debit yang masih berada didalam mesin dan kita meninggalkan nya begitu saja.

Dampak dari hal tersebut sangatlah berisiko jika kartu tersebut disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, misalnya saldo kita bisa dikuras habis. Untuk itu, kita harus bertindak secara cepat jika itu terjadi pada diri kita. Ikuti cara dibawah ini jika anda adalah salah satu yang mengalaminya.

Segera menghubungi Call Centre Bank


Hal pertama adalah jangan panik dan langsung hubungi pihak bank melalui call centre. Maksud dari menghubungi bank adalah untuk meminta pemblokiran terhadap kartu ATM agar kartu tersebut tidak bisa digunakan oleh orang lain. Silakan anda menghubungi nomor call centre layanan bank yang anda gunakan masing-masing.

Biasanya pihak call centre akan memberikan pertanyaan sebelum melakukan blokir kartu ATM untuk mengonfirmasi dan memastikan itu memang benar-benar kartu milik anda sendiri. Jadi jika anda salah dalam menjawab, maka permintaan blokir tidak dapat dilakukan.

Pertanyaan yang akan diajukan adalah data data anda pada waktu membuka rekening seperti:

  • nomor rekening
  • nama ibu kandung
  • jumlah saldo terakhir
  • jumlah transaksi terakhir
  • Dan data lain yang diperlukan.
Untuk itu, anda harus hafal nomor rekening milik sendiri karena pertanyaan itu yang akan diberikan pertama kali pada saat anda menelepon. Saran nya catatlah nomor rekening pada hp anda agar sewaktu terjadi hal seperti ini anda tidak kebingungan.

Datang Ke Bank Dikota Anda Untuk Buka Blokir


Kemudian setelah anda memblokir kartu ATM anda seperti di atas, selanjutnya datanglah ke bank terdekat dikota anda untuk membuka kembali kartu yang telah anda blokir. Sebelum anda mendatangi bank, persiapkan berkas berkas yang diperlukan sebagai berikut:


  • KTP (kartu tanda penduduk)
  • Buku tabungan
  • Kartu keluarga (KK) biasanya ditanyakan
  • Dan identitas lainya seperti SIM, KITAS araupun Passport


Setelah datang ke bank, silakan anda mengambil nomor antrian ke customer service dan tunggu panggilan. Setelah dipanggil, katakan permasalahan anda dan biasanya pihak bank akan memeriksa berkas berkas yang telah anda bawa.

Pihak bank juga akan memberikan pertanyaan keamanan seperti metode pada saat anda menelepon pada call centre sebelumnya. Jika semua telah dikonfirmasi, maka pihak bank akan membuka blokir kartu ATM anda dan memberikan kartu ATM baru. Biasanya akan dikenakan biaya sebesar 20 ribu.
Komentar

Tampilkan

Terkini