Iklan

Cara Mempercepat Browser Chrome Android Dengan Mudah

02/11/2020, 04:53 WIB Last Updated 2020-11-01T21:53:56Z



Ada kalanya browser chrome pada hp android yang terkenal dengan kecepatanya menjadi terasa lambat. Walaupun ada alasan yang membuat sebuah browser menjadi lambat, tetapi kecepatan untuk mengakses suatu halaman pada internet sering menjadi penyebab utamanya.

Browser chrome android secara default sudah mempunyai pengaturan yang dioptimalkan agar berjalan cepat untuk mengakses halaman web, tetapi masih ada cara yang lain nya agar kamu dapat mencoba untuk memaksimalkan kecepatanya.

Berikut adalah tips yang dapat percepat kinerja Google Chrome dan bisa menghemat paket data internet:

1. Menutup Tab Yang Tidak Digunakan


Sebenarnya, beberapa halaman sebuah web yang sedang terbuka tetaplah mengkonsumsi data walau proses loading telah selesai. Apalagi jika kamu banyak membuaka tab pada browser tersebut. Jadi, dengan kita menutup tab yang sedang aktif dan tidak digunakan. Dengan kata lain, maka kinerja browser Chrome dapat di fokuskan untuk jendela tab yang aktif kita gunakan saja.

Untuk rekomendasinya,  jumlah tab aktif yang ada di chrome tidak boleh lebih dari 5 tab. Tetapi angka ini juga sangat bergantung pada kapasitas memori RAM yang dimiliki smartphone serta jenis situs web yang sedang di buka. Untuk menutup tab pada browser chrome android, klik ikon persegi yang terdapat angka di dalamnya, kemudian klik atau tap ikon silang untuk menutup tab yang sedang termuat.

Baca Juga:

Gunakan App DNS 1.1.1.1


DNS 1.1.1.1 aplikasi DNS yang dikembangkan oleh CloudFlare dan aplikasi ini disediakan secara gratis untuk semua orang yang ingin menggunakan nya. Dengan memakai aplikasi DNS ini, ukuran halaman web menjadi lebih kecil serta akses internet menjadi lebih aman.

Cara memakai appikasi  DNS 1.1.1.1 pada hp Android sangatlah mudah, dan cara dalam menggunakan nya sebagai berikut:

  • Download terlebih dahulu app aplikasi 1.1.1.1 pada Play Store
  • Setelah didownload dan terinstall, Buka aplikasi nya
  • Kemudian Ikutilah petunjuk yang ada dan izinkan akses aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya, Tap menu (tiga garis horizontal) dan Pilih 1.1.1.1
  • Kembalilah  kelayar utama lalu klik tombol aktifkan
  • Terakhir, klik Install "VPN profile" kemudian klik Oke

Mengaktifkan Mode Ringan Pada Chrome


Data saver atau yang sekarang disebut Mode Ringan ialah sebuah mekanisme unik yang ada pada Chrome. Ini berfungsi dimana sebuah halaman web akan dikompres terlebih dulu pada server Google sebelum halaman tersebut di teruskan kepada pengguna. Fitur mode ringan ini bisa membuat loading lebih cepat dan akan menghemat kuota internet.

Cara aktifkan Mode Ringan pada Chrome android:
  • Klik ikon menu titik tiga di atas kanan layar
  • Kemudian Pilih Setelan.
  • Pilih Mode Ringan dan Set ke Aktif

Aktifkan fitur Prefetch Pada Chrome


Prefetch adalah sebuah fitur yang memuat halaman situs web disistem latar belakang ketika pengguna sedang mengetik alamat web tersebut. Fitur ini bisa membuat proses loading halaman website menjadi lebih kencang saat kamu hendak mengunjungi nya.

Untuk mengaktifkan fitur Prefetch ini, caranya sebagai berikut:

  • Klik menu titik tiga (pada bagian atas kanan layar)
  • Pilih pengaturan/Setelan
  • Kemudian, pilih privasi dan cntang pramuat halaman

Jangan Menghapus Cache Pada Chrome !


Jika kalian mencari sebuah tips untuk mempercepat kinerja browser Chrome di internet, mungkin kalian akan mendapati beberapa website yang merekomendasikan untuk menghapus cache yang tersimpan pada chrome. Dan yang perlu kalian ketahui adalah bahwa tindakan tersebut salah dan jangan diikuti!

Melakukan penghapusan cache hanyalah akan mempercepat browser Chrome ketika aplikasi itu di buka, akan tetapi, loading untuk halaman web akan menjadi lambat. Itu karena file chache dimanfaatkan oleh Chrome untuk mempercepat loading halaman website. Sebaiknya, hanya hapus cache jika ukurannya sudah sangat besar dan merasa chrome sering terasa lag.
Komentar

Tampilkan

Terkini